Kapasitas Bandara Sepinggan naik 6 kali lipat



JAKARTA. PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan, renovasi pembangunan Bandara Sepinggan, Balikpapan selesai pada Juli 2013. Jika sudah selesai, bandara itu siap dioperasikan bulan Oktober 2013.

Handy Heryudhitiawan, Corporate Communication Angkasa Pura I bilang, renovasi Bandara Sepinggan menghabiskan investasi Rp 1,8 triliun. Dia mengatakan, setelah proyek selesai Juli, pihaknya memberikan waktu 3 bulan untuk melakukan sertifikasi dan verifikasi bandara sebelum beroperasi.

"Jika bandara sudah selesai, maka kapasitasnya naik menjadi 10 juta penumpang tiap tahun dari sebelumnya yang hanya 1,7 juta penumpang," terang Handy kepada wartawan di Restoran Pondok Laguna, Jakarta, Kamis (11/4).


Handy mengatakan, Bandara Sepinggan sudah menjadi bandara internasional dengan tiga maskapai penerbangan yang mengangkut rute internasional. Ketiga maskapai tersebut adalah Garuda Indonesia, AirAsia Malaysia, dan Silk Air.

Sebagai informasi, selain menambah kapasitas penumpang bandara, AP I juga menambah kapasitas gedung parkir. Gedung parkir tersebut terdiri dari 4 lantai dengan luas 6,14 hektare (ha) dengan kapasitas 2.400 mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri