Kapolri lantik Kabareskrim baru Jumat pekan depan



JAKARTA. Kapolri Jenderal Polisi Sutarman berencana akan melantik Irjen Pol Suhardi Alius menjadi Kepala Badan Reserse dan Kriminal (Kabareskrim) Polri, Jumat (6/12/2013).

"Sesuai dengan undangan yang kami terima pelantikan Jumat 6 Desember 2013," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Humas Polri Kombes Pol Agus Rianto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2013).

Dalam Surat Telegram Kapolri Nomor Nomor ST/2312/XI/2013 tertanggal 24 November 2013 tertulis bahwa pelantikan sejumlah perwira tinggi pada 2 Desember 2013. Tetapi, kemungkinan besar pelantikan akan diundur.


"Kemungkinan besar pelantikan minggu depan. TR (Telegram Rahasia) kan berlaku 14 hari," ujarnya.

Berdasarkan Telegram Rahasia Nomor ST/2312/XI/2013 tertanggal 24 November 2013 Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Sutarman melakukan mutasi terhadap 16 perwira tinggi dan menengah Polri.

Pejabat yang dimutasi diantaranya Komjen Pol Imam Sudjarwo dimutasi dari Irwasum Polri menjadi perwira tinggi di Pelayanan Markas Polri dalam rangka pensiun.

Jabatan Irwasum Polri akan diisi Irjen Pol Anton Bachrul Alam yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Sarana dan Prasarana Kapolri. Jabatan yang ditinggalkan Anton Bachrul Alam diisi Irjen Pol Tubagus Anis Angkawijaya yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Divisi Teknologi Informasi.

Posisi Kepala Divisi Teknologi Informasi diisi Brigjen Pol Achmad Hidaya yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan dan Oprasi Bareskrim Polri. Kepala Biro Binops akan diisi Kombes Pol Wilmar Marpaung yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid PKAN (TNCC) Bareskrim Polri.

Selain itu, Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suhardi Alius menduduki jabatan promosi bintang tiga menjadi Kepala Badan Reserse dan Kriminal. Posisi Kapolda Jawa Barat akan diisi Mochamad Irawan yang kini menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Jabatan Kapolda Nusa Tenggara Barat akan diisi Brigjen Pol Moechgiarto yang kini menjabat sebagai Wakapolda Jawa Timur.

Jabatan Wakapolda Jawa Timur akan diisi Kombes Pol Suprodjo Mirjo Sumardjo yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Kalimantan Selatan. Jabatan Wakapolda Kalimantan Selatan diisi Kombes Pol Sukirma yang sebelumnya menjabat sebagai Kakorsis Sespimmen Sespim Polri Lemdikpol.

Kemudian Irjen Pol Surmana Y Yulistia Kasespim Polri Lemdikpol dimutasi sebagai Perwira Tinggi di Yanma Polri dalam rangka pensiun. Jabatan Kasespim Polri akan diisi Irjen Pol Ade Husen Kartanegara yang sebelumnya menjadi Widyaiswara Utama Sespim Polri Lemdikpol. Posisi Irjen Pol Ade Husen diisi Brigjen Pol Sadar

Sebayang yang sebelumnya menjabat sebagai widyaiswara madya Sespim Polri Lemdikpol.

Posisi yang ditinggalkan Brigjen Sadar akan diisi Kombes Pol Rachmad Fudail yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapolda Jambi. Wakapolda Jambi diisi Kombes Pol Slamet Riyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya.

Jabatan Direskrimum Polda Metro Jaya akan diisi Kombes Pol Heru Pranoto yang sebelumnya menjabat sebagai analis kebijakan Madya Bidang Binmas Baharkam Polri.

Kapolri Jendral Pol Sutarman sebelumnya, Senin (25/11/2013) penunjukan seorang perwira tinggi kepolisian untuk menempati suatu jabatan strategis di tubuh Polri didasarkan atas kompetensi, integritas dan pengalaman. Bukan berpedoman pada usia atau angkatan di Akademi Kepolisian.

"Kalau saya melihat angkatan, hanya angkatan 81 yang saya angkati kan? Jadi saya tidak lagi melihat angkatan, tapi integritas dan kompetensi, serta pengalaman-pengalaman yang lain," kata Sutarman. (Adi Suhendi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie