Kasusnya Terus Meningkat, Begini Cara Mencegah Gagal Ginjal yang Perlu Anda Tahu



MOMSMONEY.ID - Gagal ginjal merupakan salah satu masalah kesehatan yang serius dan kasusnya terus meningkat setiap tahunnya, termasuk di Indonesia. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, termasuk penyakit diabetes, hipertensi, dan penyakit ginjal kronis. Namun, ada sejumlah cara mencegah gagal ginjal yang dapat Anda lakukan.

Menyadur dari laman Klik Dokter, di bawah ini telah MomsMoney rangkumkan cara mencegah gagal ginjal:

1. Periksa Fungsi Ginjal Secara Berkala


Pemeriksaan rutin fungsi ginjal dengan tes darah dan urin penting untuk menangkap tanda-tanda awal kerusakan ginjal sebelum menjadi lebih serius.

Baca Juga: Inilah 7 Rekomendasi Sayur untuk Menurunkan Kolesterol Tinggi, Apa Saja ya?

2. Pertahankan Tekanan Darah Normal

Hipertensi adalah penyebab utama gagal ginjal. Menjaga tekanan darah dalam kisaran normal dengan pemeriksaan rutin, pengaturan pola makan, tidur yang cukup, dan pengelolaan stres adalah kunci untuk mencegah masalah ginjal.

3. Kurangi Asupan Gula

Mengurangi asupan gula sangat penting karena konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko diabetes, yang merupakan penyebab utama gagal ginjal kronis.

Asupan gula yang disarankan adalah di bawah 50 gram per hari, atau sekitar 3,5 sendok teh. Perlu diwaspadai bahwa gula sering tersembunyi dalam minuman kemasan dan minuman manis lainnya.

Baca Juga: Sebaiknya Batasi, Ini 5 Jenis Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal

4. Kurangi Asupan Garam

Kebutuhan garam setiap orang bisa berbeda tergantung pada iklim tempat mereka tinggal dan seberapa aktif mereka.

Misalnya, di negara tropis, seseorang mungkin membutuhkan sampai 1.000 mg garam setiap hari karena mereka cenderung berkeringat lebih banyak.

Akan tetapi, menurut rekomendasi dari WHO, asupan garam yang aman untuk kebanyakan orang adalah tidak lebih dari 2.000 mg per hari, atau kira-kira satu sendok teh.

5. Cukupi Kebutuhan Hidrasi

Air putih vital untuk fungsi ginjal karena membantu ginjal menyaring limbah dari darah. Kebutuhan air putih adalah sekitar 40 ml per kilogram berat badan per hari. Misalnya, jika berat badan Anda 50 kg, Anda memerlukan sekitar 2 liter air per hari.

Baca Juga: Bisa Berbahaya! Ketahui 8 Dampak Buruk Kecanduan Minum Kopi Berikut

6. Hindari Zat Aditif

Menghindari makanan yang mengandung pengawet, perasa, dan pewarna buatan penting karena zat-zat ini harus difiltrasi oleh ginjal. Memilih makanan alami dan minim proses adalah pilihan yang lebih sehat.

7. Hindari Konsumsi Alkohol

Alkohol dapat mengganggu kemampuan ginjal untuk mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh, yang dapat memicu dehidrasi dan berdampak buruk pada fungsi ginjal.

Baca Juga: Catat, ya! Inilah 10 Makanan Terbaik untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

8. Berhenti Merokok

Merokok merusak pembuluh darah, termasuk yang ada di ginjal, yang dapat menghambat fungsinya. Berhenti merokok adalah langkah penting untuk melindungi ginjal.

9. Bijak Dalam Mengonsumsi Obat-obatan

Mengonsumsi obat tanpa pengawasan medis bisa berisiko bagi ginjal. Pastikan untuk selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil obat apapun.

Baca Juga: Efek Negatif Terlalu Sering Main HP untuk Kesehatan, Bisa Sebabkan Ini

10. Rutin Berolahraga

Olahraga membantu menjaga berat badan ideal, mengurangi tekanan darah, dan memperkuat fungsi jantung. Hal ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan ginjal.

Nah, itulah beberapa cara mencegah gagal ginjal yang dapat Anda lakukan. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas