Kata Wamendag terkait visi dan kinerja Gibran Rakabuming dalam pengembangan UMKM



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memuji visi dan kinerja Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dalam sektor ekonomi dan perdagangan khususnya dalam pengembangan sector UMKM. Hal ini disampaikan Jerry seusai menghadiri acara Technolink 2021 bertema “Solo Bergerak Untuk Indonesia Tangguh” pekan lalu.

Dalam acara itu Jerry menjadi narasumber bersama Gibran dan beberapa pejabat OJK, BI, Bea Cukai dan Kemenperin. 

Menurut Wamendag, Gibran punya visi dan gagasan dalam pengembangan UMKM yang sejalan dengan yang dilakukan Kementerian Perdagangan. Ada beberapa point yang dicatat Jerry soal kerja Gibran dalam sector ini yaitu, pembinaan yang integrative dan digitalisasi. 

Dalam hal pembinaan yang integratif, Gibran menurut Wamendag sudah melakukan upaya sinkronisasi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder.

Baca Juga: Perkuat Kemampuan UMKM di Jawa Tengah, Shopee Buka Kantor di Solo

“Dapat kita lihat tadi bahwa Mas Gibran mengajak semua stakeholder lintas sektor untuk bekerja sama, ada BI, OJK, Bea Cukai, Kemenperin, Kemendag, Kemenkop UKM, Kemenparekraf dan sebagainya. Jadi semua bergerak bersama, harmonis dan saling menunjang,” kata Jerry dalam keterangannya, Sabtu (30/1).

Konsep integrative lainnya menurut Jerry adalah pada sektor pekerjaannya. Gibran tahu bahwa pengembangan produk dan upscaling usaha memerlukan berbagai pembaharuan yaitu di bidang bahan, produksi, pengemasan hingga marketing. Jerry menilai konsep kerja yang integrative ini bagus bagi fasilitasi UMKM.

“Mas Gibran seperti mengetahui keluhan pengusaha UMKM saat ini yaitu perlunya dukungan yang serempak di semua sector. Jadi keluhan UMKM bisa dijawab secara keseluruhan, baik di sector produksi, pemasaran maupun pembiayaan,” tandas Jerry.

Baca Juga: Kaesang sebut gaji bapaknya kecil, berapa gaji Presiden RI?

Sedangkan dalam digitalisasi Wamendag menilai bahwa apa yang dilakukan oleh Walikota Surakarta sangat sejalan dengan upayanya di kemendag yaitu melakukan implementasi pemanfaatan teknologi digital.

Berdasarkan dari pemantauan pameran UMKM di Solo technolink terlihat bahwa sentuhan teknologi dan integrase fasilitasi untuk UMKM sudah maju. Testimoni dari pelaku UMKM sendiri sangat bagus. Menurut mereka teknologi informasi yang didorong pemanfaatannya oleh walikota Solo sangat berguna bagi usaha mereka, terlebih di masa pandemi Covid. 

Melihat keseriusan Gibran Wamendag berharap bisa memperkuat kerja sama dan saling dukung antara Kota Solo dan Kementerian Perdagangan, bukan hanya dalam pengembangan UMKM tetapi juga pengembangan ebrbagai produk digital.

Ke depan, menurut Wamendag teknologi informasi akan sangat menunjang ekonomi dan perdagangan masyarakat. Tanpa upaya transformasi ke sector digital, ekonomi masyarakat akan susah berkembang di masa depan.

Selanjutnya: Anies Baswedan dan Gibran Rakabuming saling memuji, soal apa?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli