Kaum hawa jadi target situs belanja lo!



JAKARTA. Belanja vie internet (e-commerce) ternyata makin banyak penggemarnya di Tanah Air. Bahkan, lembaga riset Frost dan Sullivan, memprediksi, transaksi belanja online di Indonesia bakal melejit hingga sebesar US$ 650 juta pada 2015. Padahal, pada 2010, transaksi via dunia maya ini cuma US$ 120 juta.

Melihat kecenderungan ini, situs komunitas wanita, yakni Female Daily Network meluncurkan Clozette Daily. Situs khusus untuk kaum hawa yang hobi belanja.

Menurut co-founder Female Daily Network, Hanifa Ambadar, Clozette Daily menyasar segmen perempuan berusia 24 tahun - 35 tahun. "Terutama yang gemar belanja online untuk produk fashion dan kecantikan," ujarnya kepada KONTAN, Kamis (18/10).


Hanifa melihat, potensi Female Daily Network lumayan besar. Lihat saja, situs yang berdiri sejak 2007 ini, kini punya 47.000 anggota. Sebagian besar dari anggota itu punya penghasilan antara Rp 5 juta sampai Rp 20 juta per bulan. Mereka pun bisa menghabiskan 13,9% dari gaji untuk belanja produk fesyen.

Hanya saja, Hanifa masih enggan menyebut target transaksi per tahun Clozette Daily. Namun dia menggambarkan, untuk satu produk fesyen bisa meraup transaksi penjualan sebanyak Rp 500 juta. Nah, bila di situs tersebut ada 400 sampai 500 penjual, maka nilai transaksi di Clozette Daily bisa mencapai Rp 200 miliar - Rp 250 miliar per bulan.

Sadar dengan pasar nan besar, situs belanja Tokobagus juga menyasar segmen perempuan. Tokobagus punya data, pertumbuhan pengunjung perempuan di kuartal III 2012, rata-rata naik 5%-10% dari periode yang sama tahun lalu. Sebaliknya, pengunjung laki-laki di kuartal III itu justru turun 4% dari periode serupa tahun lalu.

Secara angka, pengunjung wanita Tokobagus di Agustus 2012 mencapai tujuh juta lebih. Di Agustus 2011 cuma lima juta wanita. Menurut Ichwan Sitorus, Communication Manager and Event Organizer Tokobagus, meningkatnya pengunjung wanita membuktikan, kaum wanita adalah pasar potensial bagi situs belanja.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri