Kaum hawa target utama situs belanja



JAKARTA. Situs belanja makin digemari di Indonesia. Menurut data lembaga riset Frost dan Sullivan, hasil transaksi belanja online (e-commerce) di Indonesia yang tahun 2010 masih berkisar US$ 120 juta, bakal melejit hingga US$ 650 juta di 2015 nanti.

Melihat potensi bisnis inilah  membuat salah satu situs komunitas wanita, yakni Female Daily Network sengaja meluncurkan Clozette Daily, situs belanja bagi kaum hawa.

Menurut Co Founder Female Daily Network, Hanifa Ambadar, Clozette Daily menyasar segmen wanita dengan umur antara 24 tahun - 35 tahun. "Terutama yang gemar belanja online untuk produk fashion dan produk kecantikan," ujarnya kepada KONTAN kemarin (18/10).


Hanifa mengaku kesemsem melihat potensi dari Female Daily Network. Situs yang berdiri 2007 ini kini beranggota 47.000 orang. Sebagian besar dari anggota punya penghasilan per bulan antara Rp 5 juta sampai Rp 20 juta per bulan. Dan bisa menghabiskan 13,9% dari gaji untuk belanja fesyen.

Sayang, Hanafi enggan menyebut target transaksi dari Clozette Daily untuk satu tahun ke depan. Dia cuma menggambarkan bahwa untuk satu merek produk fesyen bisa meraup transaksi penjualan sebanyak Rp 500 juta. Artinya bila ada 400 sampai 500 penjual di situs tersebut, maka nilai transaksi di Clozette Daily bisa mencapai Rp 200 miliar sampai Rp 250 miliar per bulan.

Situs belanja Tokobagus juga menyasar segmen perempuan. Pertumbuhan pengunjung perempuan di kuartal III 2012  rata-rata naik 5%-10% dari periode yang sama tahun lalu. Uniknya, pengunjung laki-laki di kuartal III tahun ini  justru turun 4% dari periode serupa tahun lalu.

Secara angka, pengunjung wanita Tokobagus di Agustus 2012 mencapai tujuh juta lebih. Di Agustus 2011 cuma lima juta wanita.

Ichwan Sitorus, Communication Manager and Event Organizer Tokobagus menyatakan meningkatnya pengunjung wanita membuktikan bahwa kaum wanita adalah pasar potensial bagi situs belanja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon