KONTAN.CO.ID - BEIJING. Setelah keluar dari industri pendidikan pada Agustus lalu akibat pengetatan pemerintah China terhadap bimbingan privat, He Ajun telah menemukan kehidupan kedua yang tak terduga sebagai
influencer pengangguran. Vlogger yang berbasis di Guangzhou ini, berusia 32 tahun, memberikan saran karier kepada 8.400 pengikutnya, melacak perjalanannya melalui ketidakstabilan pekerjaan jangka panjang. "Pengangguran di usia 31, tidak ada satu pun pencapaian," tulisnya pada Desember lalu.
Baca Juga: Harga Rumah Baru China Naik Tipis He kini menghasilkan sekitar 5.000 yuan (US$700) per bulan melalui iklan di vlog-nya, penyuntingan konten, konsultasi pribadi, dan menjual kerajinan tangan di lapak jalanan. "Saya pikir di masa depan
freelancing akan menjadi hal yang biasa," kata He. "Meskipun Anda tetap berada di tempat kerja, Anda masih memerlukan keterampilan
freelancing. Saya percaya ini akan menjadi keterampilan cadangan, seperti mengemudikan kendaraan." China tengah diberi instruksi untuk meluncurkan "kekuatan produktif baru," dengan kebijakan pemerintah yang menargetkan bidang-bidang sempit dalam sains dan teknologi termasuk AI dan robotika. Namun, para kritikus mengatakan bahwa hal tersebut berdampak pada permintaan yang lemah di sektor-sektor lain dan berisiko meninggalkan generasi muda yang sangat terdidik, yang melewatkan ledakan ekonomi terakhir dan lulus terlalu terlambat untuk melatih diri di industri yang berkembang. Rekor 11,79 juta lulusan universitas tahun ini menghadapi kelangkaan pekerjaan yang belum pernah terjadi sebelumnya, di tengah pemutusan hubungan kerja di sektor-sektor kantoran termasuk keuangan.
Baca Juga: Amerika Serikat Tunda Kenaikan Tarif Masuk Produk China Sementara Tesla, IBM, dan ByteDance juga telah mengurangi pekerjaan dalam beberapa bulan terakhir. Tingkat pengangguran di kalangan pemuda urban untuk sekitar 100 juta orang China yang berusia 16-24 melonjak menjadi 17,1% pada Juli, sebuah angka yang menurut analis menyembunyikan jutaan penganggur di pedesaan. China menghentikan publikasi data pengangguran pemuda setelah mencapai rekor tertinggi 21,3% pada Juni 2023, kemudian menyesuaikan kriteria untuk mengecualikan mahasiswa saat ini. Lebih dari 200 juta orang saat ini bekerja di ekonomi gig dan bahkan sektor yang dulunya tumbuh pesat ini menghadapi masalah kelebihan kapasitasnya sendiri. Belasan kota di China telah memperingatkan tentang kejenuhan layanan
ride-hailing tahun ini. Pemutusan hubungan kerja (PHK) bahkan telah menyebar ke pekerjaan pemerintah, yang lama dianggap sebagai "mangkuk nasi besi" untuk pekerjaan seumur hidup. Tahun lalu, Beijing mengumumkan pengurangan jumlah pegawai sebesar 5% dan ribuan orang telah dipecat sejak saat itu, menurut pengumuman resmi dan laporan berita. Provinsi Henan memangkas 5.600 pekerjaan awal tahun ini, sementara provinsi Shandong telah mengurangi hampir 10.000 posisi sejak 2022.
Baca Juga: 10 Negara Produsen Minyak Bumi Terbesar di Dunia Sementara itu, analis mengatakan lulusan perguruan tinggi vokasi China yang berjumlah 3,9 juta sebagian besar diperlengkapi untuk pekerjaan manufaktur dan layanan tingkat rendah, dan reformasi yang diumumkan pada 2022 akan memakan waktu bertahun-tahun untuk memperbaiki investasi yang kurang dalam pelatihan yang lama dianggap inferior dibandingkan universitas. China saat ini menghadapi kekurangan tukang las, tukang kayu, pengasuh lansia, dan "talenta digital yang sangat terampil," kata Menteri Sumber Daya Manusia pada Maret lalu.
Yao Lu, seorang sosiolog di Universitas Columbia, memperkirakan sekitar 25% lulusan perguruan tinggi berusia 23-35 tahun saat ini bekerja di pekerjaan di bawah kualifikasi akademis mereka. Banyak dari hampir 48 juta mahasiswa universitas China kemungkinan akan menghadapi gaji awal yang buruk dan berkontribusi relatif sedikit dalam pajak sepanjang hidup mereka, kata seorang ekonom China yang meminta namanya tidak disebutkan karena sensitifnya masalah tersebut. "Meski mereka tidak bisa disebut sebagai 'generasi yang hilang', ini adalah pemborosan besar dari modal manusia," kata orang tersebut.
Baca Juga: Filipina dan Tiongkok Saling Tuduh Menabrak Kapal di Perairan Cina Selatan Editor: Yudho Winarto