Kawal Cagub-Cawagub Jakarta, Polri Tugaskan 120 Personel



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sebanyak 120 personel Polri dikerahkan untuk mengawal pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Jakarta dalam Pilkada 2024. 

Direktur Samapta Polda Metro Jaya Kombes Pol Ahmad Zaenudin mengatakan, masing-masing paslon akan didampingi oleh 40 personel, yang terdiri dari perwira, pengawal pribadi (walpri), dan tim pengawalan advance. 

"Kalau yang dilibatkan 120, dibagi tiga berarti 40 orang per paslon," ujar Kombes Pol Ahmad Zaenudin kepada wartawan, Minggu (22/09). 


Baca Juga: KPU Jakarta Resmi Umumkan Tiga Paslon yang Bertarung di Pilkada 2024

Penugasan ini mulai berlaku pada hari ini dan akan berlanjut hingga seluruh tahapan Pilkada selesai. 

Setiap paslon diberi kebebasan untuk mengatur kebutuhan pengawalan sesuai dengan kegiatan mereka. 

“Nanti mereka yang mengatur, diserahkan ke paslon. Jadi per paslon itu 40 orang,” tambah Zaenudin. 

Personel akan ditempatkan di lokasi-lokasi strategis, seperti kediaman paslon atau tempat kegiatan kampanye, untuk memastikan keamanan selama masa pemilihan. 

“Kegiatannya saja, ditempatkan di kediamannya juga kalau ada di sana. Pokoknya masing-masing tim pengawalan silakan dimanfaatkan, akan stay di rumah, tempat tinggal, kegiatan paslon, langsung proaktif tugasnya di lapangan,” ujar dia. 

Baca Juga: KPU Undi Nomor Urut Cagub dan Cawagub Jakarta Besok, Senin (23/9)

Sebelum ditugaskan, seluruh personel telah menerima arahan dan pemahaman tentang tugas mereka selama masa pengawalan. 

Zaenudin memastikan setiap anggota pengamanan sudah siap menjalankan tanggung jawabnya. 

"Sudah tadi kita serahkan semua. Mereka sudah paham dan mengerti kemudian penggunaannya. Hari ini juga mereka diberikan tindakan tanggung jawabnya" jelas dia. 

Dengan adanya penugasan ini, diharapkan proses Pilkada Jakarta 2024 dapat berjalan lancar dan aman, terutama dalam menjaga keamanan para calon kepala daerah serta mendukung kelancaran kegiatan kampanye mereka.  Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta resmi mengumumkan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jakarta di Pilkada 2024. 

Baca Juga: Bawaslu Ingatkan Calon Kepala Daerah Tidak Berkampanye di CFD

Ketiga pasangan calon yang akan bersaing dalam Pilkada, yakni Pramono Anung-Rano Karno, Ridwan Kamil (RK)-Suswono, dan Dharma Pongrekun-Kun Wardana. 

“Pasangan calon peserta Pemilu DKI Jakarta, nomor satu cagub Pramono Anung, cawagub Rano Karno atau Si Doel. Nomor dua, cagub Ridwan Kamil dan cawagub Suswono. Ketiga, cagub Dharma Pongrekun dan Kun Wardana,” ucap Ketua KPU Jakarta Wahyu Dinata kepada wartawan, Minggu (22/9).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "120 Personel Polri Ditugaskan Kawal Cagub-Cawagub Jakarta"

Klik untuk baca: https://megapolitan.kompas.com/read/2024/09/22/15104621/120-personel-polri-ditugaskan-kawal-cagub-cawagub-jakarta.

Selanjutnya: ITDC Targetkan Penonton MotoGP Mandalika 2024 Capai 130 Ribu Orang

Menarik Dibaca: Jawa Tengah Waspada Bencana, Simak Peringatan Dini Cuaca Besok (23/9) Hujan Deras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi