Kawan Lama genjot bisnis online



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kawan Lama Sejahtera kian gesit kembangkan bisnis, salah satunya menyasar bisnis online. Ada beberapa usaha di bidang online yang dibangun yaitu Kawanlama.com, KlikMRO.com dan Krisbow.com. Aulia Adriani, Head of External Communication Marketing Department PT Kawan Lama Sejahtera menuturkan, lahirnya KlikMRO.com pada tahun 2016 untuk menjawab keinginan customer yang mencari barang untuk proses procurement (pengadaan barang). "Kita buat website yang menjajakan barang-barang kebutuhan procurement, dan pengguna bisa memilih yang dibutuhkan. Jadi lebih mudah, dikirim ke tempat pengguna tanpa harus ke toko konvensional," ujar Aulia kepada Kontan.co.id, Senin (19/2). KlikMRO.com memang terbilang baru sebagai platform e-commerce di bawah naungan Kawan Lama Group. Meski begitu, usaha yang sudah berjalan dua tahun ini sudah menggandeng 600 distributor seluruh Indonesia. Berbeda dengan Kawanlama.com dan Krisbow.com, KlikMRO.com menyasar segmen procurement dan engineer, dan barang yang dijual pun merupakan barang maintanance, repair dan operation untuk kebutuhan operasional. Kebanyakan pengguna adalah perusahaan manufaktur di Cikarang. Sementara Kawanlama.com menjual barang industrial jadi dengan target pengguna perusahaan di kawasan Cikampek dan Karawang. Dengan suntikan modal dari Kawan Lama Grup, KlikMRO.com optimistis dan percaya diri bisa membesarkan bisnisnya. "Karena tujuan kami dari awal membantu customer yaitu perusahaan di bidang manufaktur dan tidak banyak industri lain yang menerapkan sistem bisnis ini," tambah Aulia. Sebagai platform one stop solution, KlikMRO.com pun sudah mencatat hingga akhir 2017 ada 500 pengguna per hari. Aulia berharap tahun 2018, ada 1.000 pengguna per hari yang melakukan transaksi di KlikMRO.com. "Kita pun berharap distributor bisa terus bertambah," pungkasnya. Agar bisa bertahan dan terus berkembang di bidang industri, Aulia mengungkapkan selalu mengedukasi customer akan platform e-commerce ini. Pasalnya belum banyak perusahaan yang terbiasa membeli peralatan melalui online. Dia juga mengaku kontribusi pendapatan KlikMRO.com masih di bawah 50%. Sehingga dengan adanya website berbasis teknologi, dan menjalankan sistem transaksi yang efisien, Aulia berharap KlikMRO.com membantu banyak perusahaan yang membutuhkan barang-barang produksi. "Kami juga sudah meluncurkan mobile apps dan harga jual barang tidak jauh berbeda dengan distributor lokal. Kisaran harga jual produk Rp 10.000 sampai jutaan," bebernya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat