Kawasaki menggeser posisi Suzuki



SURABAYA. Kondisi pasar sepeda motor lagi menyusut periode Januari-Maret 2015 dibandingkan periode sama tahun sebelumnya. Menariknya lagi, di kala kondisi lagi sulit, Kawasaki Indonesia justru berhasil menorehkan sejarah baru.

Kawasaki mampi merangsek naik ke peringkat tiga penjualan sepeda motor secara nasional. Merek yang dipenuhi oleh model sport itu mampu menggusur Suzuki yang sudah bertahun-tahun duduk peringkat tiga.

Mengacu data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI) yang diterima KompasOtomotif, Selasa (14/4) petang, total penjualan (wholesale) sepeda motor kuartal pertama tahun ini tercatat 1,605 juta unit, turun 19,1% dibandingkan periode sama 2014, sempat mencapai 1,98 juta unit.


Menyisir data penjualan, seluruh merek anggota AISI, yakni Honda, Yamaha, Kawasaki, Suzuki, dan TVS mengalami penurunan. Paling menarik, menelisik peringkat penjualan nasional yang menunjukan kalau Kawasaki berhasil menggulingkan Suzuki dari peringkat ketiga untuk pertama kalinya.

Suzuki harus puas tergeser ke peringkat empat penjualan, dengan hanya menghasilkan 31.408 unit dalam tiga bulan pertama tahun ini. Sedangkan, Kawasaki justru meningkat penjualannya dengan perolehan 42.486 unit. 

Dengan bertukar tempat, hasil ini seolah sudah disiapkan Kawasaki Indonesia setelah beberapa tahun lalu. Hebatnya lagi, Kawasaki berhasil mendongkrak porsi penjualannya awal tahun ini, meskipun hanya fokus pada pemasaran model-model sport dan bebek.

Sementara, Suzuki baru mengoperasikan pabrik barunya di Kawarang, harus puas posisinya bergeser. Produk-produk yang dipasarkan Suzuki juga lebih beragam ketimbang Kawasaki, karena ikut memasarkan model skutik, yang mendominasi pasar sepeda motor nasional.

Penjualan Domesik Sepeda Motor Kuartal I-2015  

Honda  1.093.394 unit (68,12%) Yamaha 436.692 unit (27,21%) Kawasaki 42.486 unit (2,65%) Suzuki 31.408 unit (1,96%) TVS 1.063 unit (0,07%)   Sumber:  AISI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia