KB Bank Jual Aset Berkualitas Rendah Rp 2,8 Triliun di Semester I-2024



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank KB Bukopin Tbk (BBKP) atau KB Bank telah melakukan penjualan aset-aset yang berkualitas rendah senilai Rp 2,8 triliun di semester I 2024.

Pendapatan dari hasil penjualan aset atau recovery income KB Bank tersebut tercatat turun 5% jika dibandingkan periode semester I tahun 2023.

"Penurunan ini lebih disebabkan oleh jumlah aset berkualitas rendah pada semester I 2024 sudah jauh menurun dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. Secara keseluruhan, upaya perbaikan kualitas aset KB Bank menunjukkan keberhasilan dalam menjaga tingkat recovery yang stabil," ungkap Robby Mondong, Wakil Direktur Utama KB Bank kepada kontan.co.id, Kamis (8/8).


Baca Juga: KB Bank Optimistis Raih Kinerja Positif Pada Tahun 2024

Adapun segmentasi yang paling banyak dalam penjualan aset berkualitas rendah tersebut adalah segmen UMKM dengan kontribusi hampir 50% dari total nilai penjualan.

Selain itu, kata Robby, penjualan aset berkualitas rendah dilakukan melalui skema penjualan hak tagih kepada pihak ketiga atau cessie dengan menggunakan Asset Backed Securities (ABS).

"KB Bank berkomitmen untuk terus mengupayakan perbaikan terhadap kualitas asetnya secara efektif dengan senantiasa mengedepankan prinsip kehati-hatian. Hingga saat ini, belum terdapat rencana yang konkret untuk pelaksanaan penjualan baru terhadap aset-aset berkualitas rendah pada semester kedua tahun 2024," tandasnya.

Selanjutnya: IHSG Turun 0,24% pada Kamis (8/8), ARTO, BUKA, ASII Top Gainers LQ45

Menarik Dibaca: Promo 8.8 The Body Shop Agustus 2024, Body Care-Makeup Diskon hingga 60%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat