KB Bank Selesaikan Penjualan Obligasi Global dengan Bunga 5,66%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank KB Bukopin Tbk telah menyelesaikan penjualan dan telah menentukan harga (pricing) Surat Utang Senior Unsecured Notes (Obligasi Global) senilai US$ 300 juta. Hasil penjualan obligasi global ini didapat setelah KB Bank telah melaksanakan non-deal roadshow dalam rangka penerbitan obligasi global pada tanggal 16 hingga 18 Oktober 2024. 

Kegiatan nondeal roadshow menjadi sarana bagi KB Bank untuk menyampaikan kepada para investor mengenai sejumlah capaian pertumbuhan KB Bank. Bagi bank asal Korea Selatan, penerbitan obligasi ini menjadi penerbitan obligasi global perdana KB Bukopin dalam denominasi dollar AS. 

Penentuan obligasi global ini telah dilakukan pada 23 Oktober 2024 di Singapura. KB Bank menjadi entitas anak usaha internasional pertama dari perbankan asal Korea Selatan yang menerbitkan obligasi global dengan mendapatkan peringkat kredit global. 


Baca Juga: KB Bank Bakal Terbitkan Obligasi US$ 300 Juta di Singapura

Penerbitan obligasi global ini menjadi lebih berharga mengingat situasi ekonomi yang tidak menentu menjelang pelaksanaan pemilihan Presiden Amerika Serikat dan perkembangan geopolitik di Timur Tengah. Penerbitan obligasi global ini merupakan strategi KB Bank dalam melakukan diversifikasi sumber pendanaan jangka panjang yang secara bertahap mengurangi ketergantungan atas pinjaman luar negeri jangka pendek (refinancing).

Investor global tampak memberikan feedback yang positif terhadap proses restrukturisasi kinerja dan perjalanan transformasi di KB Bank pasca resmi menjadi bagian dari bank komersial terbesar asal Korea Selatan, KB Kookmin Bank.

Wakil Direktur Utama KB Bank, Robby Mondong menjelaskan, obligasi global KB Bank yang diterbitkan dalam denominasi dollar AS ini bertujuan untuk memperkuat struktur pendanaan KB Bank khususnya pendanaan yang berbasis dollar AS. "Dengan nominal penerbitan sebesar US$ 300 juta, angka kupon obligasi yang kompetitif sebesar 5,658%, kami berhasil mendapatkan respon yang positif dari para investor terlihat dari kelebihan permintaan (oversubscribed) hingga 4,5 kali," ujar dia. 

Adapun settlement penerbitan obligasi global KB Bank akan dilakukan pada tanggal 30 Oktober 2024 dengan melibatkan sejumlah institusi keuangan terkemuka yang bertindak sebagai Joint Lead Arranger pada transaksi ini, yaitu Crédit Agricole Corporate and Investment Bank, The Hong Kong and Shanghai Banking (HSBC) Co Ltd, KB Securities Hong Kong Limited, dan Morgan Stanley & Co. International Plc. 

Obligasi global KB Bank akan dicatatkan pada Singapore Stock Exchange (SGX-ST) dan tunduk pada ketentuan Regulation S (“Reg S”) berdasarkan the US Securities Act of 1993 serta memiliki tenor selama tiga tahun dan masa jatuh tempo pada 30 Oktober 2027.

KB Bank secara independen telah mendapatkan peringkat obligasi global tertinggi untuk emiten asal Indonesia yaitu BBB dari lembaga rating Fitch Rating atau setara dengan peringkat Sovereign Credit Indonesia. Dengan kesuksesan penerbitan obligasi global KB Bank ini menjadi langkah awal bagi KB Bank untuk memasuki kancah pasar modal internasional.

Baca Juga: Korea Selatan Masuk Indeks Obligasi Global, Arus Modal Mengalir dari Berbagai Negara

Selanjutnya: Promo JSM Alfamart Weekend di Akhir Oktober, Es Krim Beli 2 Gratis 1 Sampai Besok

Menarik Dibaca: Promo JSM Indomaret 25-27 Oktober 2024, Pasta Gigi-Sabun Cair Harga Hemat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Avanty Nurdiana