KBank Berkomitmen Tingkatkan Pembiayaan ke Sektor UMKM



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Salah satu bank terbesar di Thailand, Kasikornbank (KBank) berencana meningkatkan pembiayaan ke sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia melalui anak usahanya PT Bank Maspion Indonesia Tbk. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendorong tercapainya inklusi keuangan di Indonesia.

President of KBank, Pipit Aneaknithi mengatakan, KBank, dengan pengalamannya dalam pembiayaan UMKM di Thailand, akan mendukung perluasan pembiayaan UMKM Indonesia.

KBank disebut Pipit akan turut memperkuat pembiayaan perdagangan regional dengan memanfaatkan jaringan regionalnya untuk mendukung bisnis Indonesia dalam perdagangan internasional dengan mitra MEA+3, khususnya China—mitra dagang terbesar Indonesia


"Saya kira ini berkaitan dengan strategi bisnis kami, dan ini akan sejalan dengan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Oleh karena itu, kami berencana mengetes pasar tahun depan, untuk memberikan kredit sindikasi untuk pembiayaan seperti proyek UMKM. Pembiayaan juga diperlukan untuk UMKM, karena ada oportunitis bisnis yang besar di sana," ungkap Pipit di kantor pusat KBank Thailand, Kamis (18/10).

Baca Juga: KBank Targetkan Pembiayaan Hijau capai Rp 92 Triliun pada 2030

Pihaknya percaya pada potensi pertumbuhan Indonesia dan bertekad untuk memainkan peran penting dalam meningkatkan sektor perbankan dengan menawarkan produk dan layanan berkualitas bagi bisnis dan individu.

Sebagai pemegang saham terbesar Bank Maspion, KBank berkomitmen untuk mendukung industri perbankan Indonesia pada empat area utama.

Oleh karena itu, KBank berkomitmen untuk menyediakan kredit untuk mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Saat ini, industri perbankan hanya membiayai sekitar 34% dari PDB.

Dengan demikian, Pipit mengungkapkan masih banyak ruang pembiayaan tersisa yang dapat diisi oleh KBank dan Bank Maspion untuk berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi Indonesia di masa mendatang.

Selanjutnya: Malaysia Memangkas Subsidi BBM Demi Memangkas Defisit

Menarik Dibaca: Hasil Liga 1 PSM Makassar 2-0 Madura United, Juku Eja Naik ke Posisi Tiga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari