Kebakaran Lahan di California Menghanguskan Lebih Dari 144.500 hektar



KONTAN.CO.ID- CALIFORNIA. Kebakaran lahan di Chico California telah menghanguskan lebih dari 144.500 hektar pada Minggu (28/7/2024).

Menurut Komandan California Department of Forestry and Fire Protection (Cal Fire) Billy See, kebakaran ini menjadikan kebakaran terbesar ketujuh yang pernah tercatat dalam sejarah negara bagian tersebut.

Kebakaran makin meluas karena angin dan suhu yang meningkat di siang hari. Meski demikian kru pemadam terus berusaha memadamkan api.


Kemajuan dicapai di tengah angin sepoi-sepoi dan cuaca dingin pada hari Sabtu, yang memungkinkan petugas pemadam kebakaran menyatakan 12 persen kobaran api telah berhasil dikendalikan, kata See dalam konferensi pers. Namun dia memperingatkan bahwa pada hari Minggu, terjadi peningkatan angin di bagian atas ngarai.

Baca Juga: Sedikitnya 19 Orang Tewas dalam Kecelakaan Kapal di Ethiopia

Kebakaran tersebut telah menyebabkan sekitar 4.200 orang meninggalkan rumah mereka di Butte County, membakar sebagian besar daerah pedesaan dan pegunungan sekitar 145 kilometer utara ibu kota negara bagian Sacramento.

Petugas pemadam kebakaran menghadapi berbagai tantangan termasuk medan yang terjal, kata kepala bagian operasi Mark Brunton.

"Kami mulai melihat peningkatan aktivitas kebakaran," katanya, dikutip dari AFP pada Senin (29/7/2024). Sekitar 4.000 personel berupaya memadamkan api, dengan dibantu pesawat dan buldoser untuk terlibat dalam pemadaman tersebut.

"Tidak ada korban jiwa yang dilaporkan, meskipun 67 bangunan rusak atau hancur," tutur See.

Kebakaran terjadi di Butte County, dimana 53.000 hektar lahan telah terbakar, dan Tehema County yang berdekatan, dimana 304.000 hektar lahan telah terbakar.

Kobaran api telah menghasilkan kepulan asap abu-abu pekat yang sangat besar yang juga menyebar ke negara-negara bagian terdekat

Sebelumnya, pada hari Kamis, polisi menahan seorang pria berusia 42 tahun karena dicurigai menyalakan api dengan mendorong mobil yang terbakar ke dalam jurang. Para ahli mengatakan perubahan iklim, yang dipercepat oleh tindakan manusia, menyebabkan kejadian cuaca yang lebih ekstrem.

Baca Juga: Mantan Kepala Rockwell Collins, Kelly Ortherg Digadang-Gadang Jadi CEO Boeing

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kebakaran Lahan di California, 144.500 Hektar Hangus"

Editor: Tri Sulistiowati