Kebakaran Smelter, Presdir Freeport: Kami Investigasi Menyeluruh



KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengungkapkan investigasi secara menyeluruh tengah dilakukan pasca insiden kebakaran smelter Manyar pada Senin, 14 Oktober 2024.

Tony menjelaskan, insiden kebakaran telah sepenuhnya ditangani. Pihaknya telah melakukan beberapa kali tahapan pengujian serta melewati tahapan trial & error beberapa kali sejak Juni-September 2024.

"Namun memang yang terjadi ini adalah suatu musibah dan kami sangat menyesali kejadian tersebut. Saat ini kami me-review kembali seluruh proses agar tidak terulang kembali," ungkap Tony dalam keterangan video yang diperoleh Kontan, Selasa (15/10).


Baca Juga: Imbas Kebakaran, Rencana Produksi Smelter Freeport Berubah

Tony menjelaskan, kebakaran melanda fasilitas gas cleaning plant atau tempat pemisahan gas bersih.

Fasilitas ini dinilai berperan penting untuk menjalankan produksi yang ramah lingkungan. Pasalnya gas CO2 hasil produksi dapat dikonversi menjadi asam sulfat untuk bahan baku pupuk dan kebutuhan lainnya.

"Kami akan melakukan investigasi menyeluruh untuk mengetahui penyebab kebakaran dan melakukan assesment terhadap kerusakan yang terjadi," imbuh Tony.

Baca Juga: Smelter Freeport Indonesia di Gresik Terbakar, PTFI: Tidak Ada Korban Jiwa

Di kesempatan terpisah, Direktur Portofolio dan Pengembangan Usaha MIND ID Dilo Seno Widagdo menjelaskan, saat ini smelter tersebut sedang dalam tahapan commissioning. Insiden kebakaran yang terjadi berpeluang ikut mengubah rencana peningkatan produksi katoda tembaga yang ditargetkan mencapai utilisasi penuh pada akhir tahun ini.

"Jadi kalau memang ada kekurangan itu bagian dari yang perlu diperbaiki dan itu kan dari kontraktor semuanya masih dijamin. Akhir tahun kan memang rencana produksi penuh, cuma mungkin gak sampai 750 ribu ton. Nanti kita lihat, kita masih berupaya (karena) ingin tetap produksi penuh," kata Dilo di Jakarta, Selasa (15/10).

Selanjutnya: IHSG Naik 0,89% ke 7.626, Top Gainers LQ45: MAPI, AMMN dan AMRT, Selasa (15/10)

Menarik Dibaca: 16 Jenis Serum Hanasui dan Manfaatnya untuk Kulit, Kulit Berjerawat Bisa Pakai!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .