KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Institute for Energy Economics and Financial Analysis (IEEFA) menilai elektrifikasi sektor transportasi memang lazim didorong dengan skema bantuan langsung ke pembelian unit kendaraan listrik. Hal ini sudah terbukti di banyak negara yang sukses mendongkrak adopsi kendaraan listrik melalui skema ini. Khusus untuk Indonesia, skema ini juga berpotensi untuk menurunkan beban negara untuk subsidi BBM utamanya untuk peralihan roda dua. Peneliti IEEFA Putra Adhiguna mengingatkan, skema insentif ini perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, bagaimana implementasi skema ini agar dapat tepat sasaran dan benar-benar mendorong peralihan kendaraan listrik dan bukan sekedar penambahan. Apalagi bila hanya mendorong lonjakan sementara terhadap penjualan KBLBB.
Kebijakan Dana Bantuan Pembelian Kendaraan Listrik, Tepatkah?
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Institute for Energy Economics and Financial Analysis (IEEFA) menilai elektrifikasi sektor transportasi memang lazim didorong dengan skema bantuan langsung ke pembelian unit kendaraan listrik. Hal ini sudah terbukti di banyak negara yang sukses mendongkrak adopsi kendaraan listrik melalui skema ini. Khusus untuk Indonesia, skema ini juga berpotensi untuk menurunkan beban negara untuk subsidi BBM utamanya untuk peralihan roda dua. Peneliti IEEFA Putra Adhiguna mengingatkan, skema insentif ini perlu mempertimbangkan beberapa hal. Pertama, bagaimana implementasi skema ini agar dapat tepat sasaran dan benar-benar mendorong peralihan kendaraan listrik dan bukan sekedar penambahan. Apalagi bila hanya mendorong lonjakan sementara terhadap penjualan KBLBB.