Kebijakan RBA turut menekan AUD/JPY



JAKARTA. Kebijakan Bank Sentral Australia (RBA) turut menjadi penyebab melemahnya mata uang AUD di hadapan yen.

Mengutip Bloomberg, Rabu (26/4) pukul 20.11 WIB, pasangan AUD/JPY tergerus 0,38% ke level 83,396 dibanding sehari sebelumnya.

Anthonius Edyson, Research and Analyst PT Astronacci International mengatakan, kebijakan Bank Sentral Australia (RBA) yang belum juga menaikkan suku bunga membuat tren pergerakan dollar Australia melemah. Laju AUD bahkan sulit menandingi JPY yang minim sentimen.

Padahal, pergerakan yen sebenarnya masih mengandalkan dukungan data positif yang dirilis awal bulan. Seperti data indeks manufaktur Tankan bulan Maret yang menunjukkan kenaikan di level 12 dibanding tiga bulan sebelumnya yakni level 10. "Angka tersebut terus mendukung JPY lantaran merupakan yang tertinggi sejak Desember 2015," papar Edyson.

Pergerakan JPY pada Kamis (27/4) menanti pengumuman suku bunga Bank Sentral Jepang (BOJ) yang diprediksi tetapi pada level negatif 0,1%. BOJ juga akan mengumumkan pernyataan kebijakan moneter serta laporan outlook ekonomi Jepang. Edyson memperkirakan pasangan AUD/JPY akan kembali melemah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto