Kebutuhan dollar meningkat, rupiah tertekan



JAKARTA. Meski sempat menguat terhadap dollar AS pada awal pekan ke posisi 9.450-an, hari ini (21/9), rupiah kembali terdepresiasi. Pairing (USD/IDR) sempat di posisi 9.553 pada pembukaan pagi tadi.Director Chief Economist Mandiri Group Destry Damayanti menilai, kebutuhan riil akan dollar AS memang masih banyak. "Kebutuhan dollar AS meningkat seiring kenaikan impor atas barang baku yang sejalan dengan kenaikan investasi," urai Destry kepada KONTAN, Jumat (21/9).Terlebih Menteri keuangan sempat memprediksi ancaman membengkaknya defisit anggaran pasca disetujuinyan penambahan anggaran subsidi BBM senilai Rp 15 triliun oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Sedangkan pengamat valas Rahadyo Anggoro Widagdo memprediksi, pasangan (USD/IDR) akan bergerak di kisaran 9.530-9.560. "Investor kembali mengkhawatirkan perekonomian Yunani dan Spanyol," kata Rahadyo.Rahadyo menjelaskan, Yunani kemungkinan belum sanggup memenuhi segala persyaratan bailout. "Pasar finansial masih menunggu kelanjutan episode masalah krisis utang di Eropa ini," imbuh Rahadyo.

Pekan depan masih melemah


Bagaimana proyeksi rupiah pekan depan? Destry menilai, sentimen pembengkakan defisit anggaran menekan pergerakan rupiah untuk seminggu ke depan. Sebab, "Penambahan subsidi meningkatkan cost (biaya)," imbuh Destry.Menurut Destry, strategi jangka menengah panjang adalah meningkatkan industri hilirnya agar tidak terus tergantung pada pemenuhan bahan baku investasi dari luar negeri.Sepekan ini, Destry memprediksi rupiah tidak akan bergerak banyak terhadap dollar AS dengan potensi masih mendapat tekanan di kisaran 9.500-9.600.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie