KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan kedai kopi dalam negeri melakukan ekspansi mereka ke sejumlah negara. Sebut saja Kenangan Brands, induk dari waralaba Kopi Kenangan yang berencana melakukan ekspansi ke lima negara di Asia Tenggara hingga 2030. Ada pula gerai luar negeri pertama milik Fore Coffee di Singapura yang diresmikan akhir tahun lalu. Dan yang terbaru adalah Tomoro Coffee yang resmi membuka toko pertama di NUS Business School Hon Sui Sen Memorial Library Singapura pada, Kamis (29/2). Ketua Departemen Specialty & Industri BPP Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) sekaligus Kopi Expert dan Global Coffee Trader Moelyono Soesilo mengatakan, ekspansi kedai kopi lokal ke mancanegara akan mendukung industri kopi dalam negeri. Karena bahan baku yang digunakan mayoritas berasal dari biji kopi dalam negeri.
Kedai Kopi Lokal Gencar Ekspansi ke Luar Negeri
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa perusahaan kedai kopi dalam negeri melakukan ekspansi mereka ke sejumlah negara. Sebut saja Kenangan Brands, induk dari waralaba Kopi Kenangan yang berencana melakukan ekspansi ke lima negara di Asia Tenggara hingga 2030. Ada pula gerai luar negeri pertama milik Fore Coffee di Singapura yang diresmikan akhir tahun lalu. Dan yang terbaru adalah Tomoro Coffee yang resmi membuka toko pertama di NUS Business School Hon Sui Sen Memorial Library Singapura pada, Kamis (29/2). Ketua Departemen Specialty & Industri BPP Asosiasi Eksportir Kopi Indonesia (AEKI) sekaligus Kopi Expert dan Global Coffee Trader Moelyono Soesilo mengatakan, ekspansi kedai kopi lokal ke mancanegara akan mendukung industri kopi dalam negeri. Karena bahan baku yang digunakan mayoritas berasal dari biji kopi dalam negeri.