KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki berharap media untuk berperan aktif untuk pengembangan koperasi dan UKM di Tanah Air. Teten pun mengajak para pemimpin redaksi untuk menginisiasi langkah bersama untuk memakai produk lokal dan aktif memasarkan produk UKM. “Peran media sangat signifikan sebagai fungsi penyampaian informasi dan pemasaran sehingga produk lokal dan produk UKM bisa semakin luas pemasarannya,” kata Teten dalam siaran pers yang diterima KONTAN, Kamis (9/10).
Baca Juga: Kemenkop UKM targetkan kontribusi ekspor UKM naik jadi 18% di tahun depan Ditegaskannya, koperasi dan UKM memegang peran yang signifikan di Indonesia sebagai sektor yang digeluti oleh lebih dari 90% pelaku usaha. Kementerian Koperasi dan UKM sendiri mengembangkan enam program stretegis untuk mendorong lebih dari 62 juta pelaku UMKM tumbuh dan naik kelas. Baca Juga: Kemenkop siapkan tiga pilar strategi nasional di 2020 Teten menambahkan produk UMKM ke depan harus menjadi produk unggulan yang saat ini ekspornya mencapai 14% dan diharapkan terus meningkat. Di sisi lain, koperasi didorong untuk terus melakukan inovasi melalui fintech agar semakin berdaya saing.