Kekurangan Bahan Baku, Tongling Nonferrous Tunda Produksi Tembaga di Pabrik Baru



KONTAN.CO.ID - LONDON. Raksasa tembaga China Tongling Nonferrous Metals Group akan menunda produksi di pabrik barunya hingga paruh kedua tahun 2025 karena kekurangan bahan baku yang digunakan untuk membuat logam merah tersebut, menurut tiga sumber yang mengetahui masalah tersebut.

Mengutip Reuters, Kamis (10/10), proyek Tongling di provinsi Anhui adalah pabrik tembaga terbesar yang dibangun di China dalam lebih dari satu dekade. Pembangunannya diharapkan selesai pada bulan Januari, dengan kapasitas 500.000 metrik ton per tahun.

Perusahaan tersebut tidak menanggapi pertanyaan dari Reuters melalui email atau telepon.


Baca Juga: Harga Tembaga LME Rebound Kamis (10/10), Pasar Menanti Sinyal Stimulus dari China

Penundaan tersebut telah menimbulkan keraguan tentang perluasan jaringan pipa tembaga besar-besaran di China selama beberapa tahun ke depan dan menantang keyakinan yang telah lama ada bahwa pabrik peleburan milik negara akan terus memproduksi tembaga bahkan jika mereka merugi.

Tanpa logam Tongling dari pabrik baru tersebut, surplus pasar tembaga olahan kemungkinan akan lebih sempit dari perkiraan, yang akan mendukung harga.

Gangguan pada operasi First Quantum dan Anglo American telah mengintensifkan persaingan untuk konsentrat sejak tahun lalu. Biaya pengolahan (TC), biaya yang diperoleh pabrik peleburan untuk mengubah konsentrat menjadi logam olahan, turun di bawah nol pada bulan April untuk pertama kalinya.

Ini berarti pabrik peleburan harus membayar untuk mengubah konsentrat menjadi tembaga olahan, alih-alih dibayar.

Menurut sumber Reuters, Tongling mengatakan kepada pemasok konsentrat bahwa mereka belum dapat memperoleh cukup konsentrat untuk memulai produksi pada bulan Januari.

Baca Juga: Harga Komoditas Logam di London Turun Karena Optimisme Stimulus China Memudar

Produsen tembaga biasanya mulai menimbun konsentrat tiga bulan sebelum memulai produksi di pabrik baru.

Ketika Tongling mengumumkan pembangunan pabrik peleburan tembaga dan kawat andalannya yang baru dua tahun lalu, perusahaan itu berambisi untuk melampaui pesaing seperti Jiangxi Copper dan China Copper.

Setelah pabrik Anhui mulai berproduksi, Tongling akan menjadi pabrik peleburan tembaga terbesar di dunia dengan kapasitas untuk memproduksi lebih dari 2 juta ton tembaga per tahun.

Namun, hal ini dapat tertunda karena kekurangan konsentrat, karena gangguan dan negara-negara seperti Indonesia, Republik Demokratik Kongo (DRC) membatasi ekspor untuk membantu pabrik peleburan lokal.

Baca Juga: Freeport Ungkap Konsumsi Katoda Tembaga di Indonesia Masih Kecil

Masih ada perluasan kapasitas peleburan tembaga China sebesar 3,2 juta ton yang mengejutkan dalam lima tahun ke depan, kata analis Craig Lang di konsultan CRU.

Jika semua kapasitas baru mulai beroperasi, itu akan mencakup 24,6% dari 12,99 juta ton tembaga olahan yang diproduksi oleh China pada tahun 2023.

Pabrik peleburan tembaga China menyerukan pemangkasan produksi bersama yang jarang terjadi awal tahun ini karena kerugian.

Namun, China membeli 18,6 juta ton konsentrat tembaga dari Januari hingga Agustus tahun ini, naik 3,2% secara tahunan.

Selanjutnya: Kalah 3-1 Lawan Australia, China Tanpa Modal Poin Saat Menghadapi Indonesia (15/10)

Menarik Dibaca: Film Tebusan Dosa Siap Hantui Bioskop Indonesia 17 Oktober

Editor: Herlina Kartika Dewi