Kelebihan Kamera iPhone 16 yang Disebut Punya Zoom Maksimal dan Jernih



MOMSMONEY.ID - IPhone 16 dan 16 Pro  diperkirakan akan diluncurkan hanya dalam hitungan minggu dan iPhone terbaru Apple mungkin hadir dengan beberapa peningkatan besar pada kameranya. Berikut ini informasi mengenai kelebihan kamera iPhone 16.

Ada beberapa bocoran mengenai kamera iPhone 16 yang memiliki spesifikasi lebih canggih dari jenis iPhone sebelumnya. 

Apple selalu mengemas iPhone dengan beberapa kamera terbaik yang bisa Anda dapatkan di smartphone. 


Baca Juga: Bocoran Kamera iPhone 16 Punya Sensor Besar dan Zoom Panjang, yuk Simak

Lalu, apa saja kelebihan kamera iPhone 16? Berikut daftarnya. 

1. Tombol "Action" di Tepi Luar Ponsel

IPhone 15 Pro dan Pro Max menghadirkan tombol “Action” baru di tepi luar ponsel yang memungkinkan Anda menyesuaikannya untuk melakukan berbagai tindakan seperti meluncurkan kamera atau mengambil memo suara. 

Tombol ini akan berfungsi sebagai penutup kamera, dengan berbagai tingkat sensitivitas memungkinkan penekanan setengah untuk fokus dan penekanan penuh untuk mengambil gambar.

Rumor juga menyebutkan, tombol tersebut akan mengenali gerakan menggesek, dengan gesekan ke kiri atau kanan memungkinkan Anda memperbesar atau memperkecil.

Tombol volume telah mampu mengaktifkan rana kamera selama beberapa waktu, namun tombol baru ini akan menghadirkan kontrol kamera yang lebih dalam dan memungkinkan Anda mengoperasikan iPhone lebih seperti kamera digital kompak. 

2. Zoom Maksimal

Rumornya, basis iPhone 16 Pro akan dilengkapi dengan lensa zoom optik 5x. 

Ini adalah sesuatu yang hanya ditemukan pada iPhone 15 Pro Max yang lebih besar, jadi sebaiknya lihat tingkat zoom yang sama ditawarkan dalam paket yang lebih kecil dan lebih ramah kantong. 

Kedua ponsel mungkin mendapatkan peningkatan, dengan beberapa rumor sebelumnya menyatakan bahwa iPhone 16 Pro Max akan mendapatkan lensa “super telefoto” yang menawarkan tingkat zoom di luar kisaran 5x saat ini. 

3. Sensor Gambar Lebih Besar

Kabarnya kamera utama iPhone 16 Pro bisa memiliki sensor gambar yang lebih besar. Tampaknya ukurannya adalah 1/1,14 inci, membuatnya lebih besar dari sensor 1/1,28 inci yang ditemukan pada iPhone 15 Pro dan Pro Max. 

Baca Juga: Tips Setting Kamera iPhone 13 dengan Hasil Foto Kualitas Terbaik, Ini Rahasianya

Sensor yang lebih besar menangkap lebih banyak cahaya dan informasi gambar sehingga menghasilkan detail yang lebih baik, rentang dinamis, dan peningkatan kinerja cahaya rendah sehingga akan sangat bagus untuk melihat peningkatan ukuran sebesar itu. 

Sebaiknya Apple meningkatkan permainannya di sini karena ponsel seperti Xiaomi 14 Ultra sudah menggunakan sensor gambar yang lebih besar yaitu 1/0,98 inci (dikenal sebagai tipe 1 inci) untuk kamera utamanya.

4. Kamera Ultrawide 

Kamera ultrawide iPhone terasa sedikit diabaikan dalam beberapa generasi terakhir, dengan resolusi tetap pada 12 megapiksel sejak iPhone 11.

Disebutkan, kamera ultrawide di kedua iPhone 16 Pro dan Pro Max akan mendapatkan peningkatan signifikan hingga 48 megapiksel. 

5. Susunan Kamera Vertikal

Ini akan membuat desainnya terlihat lebih mirip dengan iPhone 12, tetapi ada alasan yang lebih besar mengapa hal ini terjadi di luar estetika sederhana. 

Tata letak kamera vertikal seperti ini akan memungkinkan ponsel merekam video spasial dengan lebih mudah, menggunakan informasi dari kedua kamera untuk menciptakan efek seperti 3D. 

Baca Juga: Rusia Sebut Punya Banyak Strategi Balas Dendam atas Rencana Perampasan Asetnya

Ini masuk akal, karena Apple menghadirkan perekaman video spasial ke jajaran iPhone 15 Pro, tetapi tidak ke model dasar iPhone 15, kemungkinan besar karena tata letak kameranya. 

Meskipun video spasial terlihat seperti video 2D biasa saat diputar di iPhone, video tersebut dirancang untuk memberikan efek 3D saat dilihat di headset Vision Pro Apple.

Jadi, itulah beberapa kelebihan kamera iPhone 16 yang disebut punya zoom maksimal dan fitur yang menarik. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria