Keluarga Kita Bersama ParagonCorp Luncurkan Beasiswa Pelatihan Penggerak Sekolah



KONTAN.CO.ID - Pendidikan keluarga adalah salah satu upaya untuk mendorong pemerataan kualitas pendidikan yang perlu kita usahakan bersama. Anak-anak butuh lingkungan terkecil, yaitu keluarga yang kondusif untuk tumbuh dengan utuh.

Yayasan Rangkul Keluarga Kita Berdaya menjalankan program pendidikan keluarga berbasis komunitas dan sekolah/madrasah. Kami percaya perubahan pendidikan Indonesia menuju lebih baik memerlukan pemberdayaan publik.

Dua Hati Biru adalah film yang diproduksi oleh Starvision dan Wahana Kreator serta disutradarai oleh Gina S. Noer. Film ini penuh dengan pesan penting bagi keluarga Indonesia. Salah satunya adalah pentingnya orang tua untuk terus mau belajar agar kehidupan keluarga dapat berjalan dengan lebih baik sehingga menjadi tempat yang optimal bagi pertumbuhan anak.


Dalam film ini juga menampilkan Sesi Berbagi Cerita bersama Rangkul atau biasa disebut Sesi Rangkul yang diperankan langsung oleh salah satu Relawan Keluarga Kita (Rangkul).

Rangkul adalah penggerak pendidikan keluarga yang sehari-harinya mengajak orang tua di sekitarnya untuk belajar dari satu sama lain dalam menghadapi tantangan sehari-hari sebagai orang tua. Rangkul menjalankan program dengan cara mengelola komunitas orang tua maupun lewat sekolah.

"Sekolah dan madrasah jadi salah satu stakeholder penting dalam mendorong orang tua belajar untuk dapat mengasuh dan mendidik anak. Sinergi antara pendidik dan orang tua akan meningkatkan capaian pembelajaran anak-anak kita. Karena itu, Keluarga Kita terus berupaya mengembangkan program pendidikan keluarga di sekolah dan madrasah yang selaras dengan kebutuhan keluarga dan juga sekolah," ungkap Siti Nur Andini, Direktur Keluarga Kita.

Pada kesempatan hari ini, Keluarga Kita berkolaborasi dengan ParagonCorp meluncurkan pembukaan Program Sekolah Rangkul Keluarga yang memberikan kesempatan kepada guru dan para pendidik di sekolah/madrasah untuk menjadi Penggerak Sekolah Rangkul Keluarga.

Dalam program ini, guru dan para pendidik di sekolah dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti seleksi dan pelatihan menjadi penggerak yang nantinya dapat menjalankan program pendidikan keluarga di sekolah/madrasah masing-masing.

“Dalam rangka mewujudkan pendidikan yang holistik bagi anak-anak Indonesia, ParagonCorp dengan bangga mendukung inisiatif Keluarga Kita dalam mengembangkan Program Sekolah Rangkul Keluarga. Kami percaya bahwa kolaborasi antara sektor swasta, lembaga pendidikan dan juga komunitas merupakan langkah penting untuk memperkuat peran orang tua dan sekolah dalam mendidik anak-anak secara optimal. Semoga program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan pendidikan di Tanah Air”, ungkap Afifah Alif Maghend, Senior CSR Paragon Corp

Keluarga Kita mengapresiasi dukungan dari ParagonCorp yang telah berkomitmen untuk terus menyokong keberlanjutan inovasi program-program pendidikan, khususnya pendidikan keluarga.

Tentang Yayasan Rangkul Keluarga Kita Berdaya

Dirintis sejak 2013, Yayasan Rangkul Keluarga Kita Berdaya didirikan oleh pakar pendidikan keluarga dan orang tua yang puluhan tahun berpengalaman di dunia pendidikan anak dan keluarga.

Untuk mewujudkan keluarga Indonesia yang belajar dan berdaya agar anak Indonesia tumbuh bahagia dan kompeten, Keluarga Kita melakukan berbagai upaya:

Menyusun kurikulum pengasuhan berbasis praktik baik, riset, data, dan bukti untuk membantu proses belajar orang tua secara terstruktur, berkelanjutan, serta disesuaikan dengan konteks keragaman keluarga dan wilayah.

Menginisiasi Program Rangkul (Relawan Keluarga Kita), sebuah program pemberdayaan keluarga yang mendorong orang tua menjadi sumber belajar yang efektif bagi orang tua lain serta berbagi praktik baik pengasuhan dalam Sesi Berbagi Cerita dan Sesi Nonton Bareng Film Ini Keluarga Kita. Pada akhirnya, tanggung jawab pengasuhan adalah peran kolektif untuk masyarakat dan negara yang lebih baik, bukan hanya dari dan untuk satu keluarga. Rangkul telah hadir di 290 kota/kabupaten di Indonesia.

Program Sekolah Rangkul Keluarga merupakan program pendidikan keluarga berbasis sekolah/madrasah yang mengembangkan dan mendampingi para pendidik di sekolah/madrasah untuk dapat melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran anak serta mampu menjalin kolaborasi yang erat dengan orang tua murid.

Tentang ParagonCorp

ParagonCorp merupakan perusahaan konglomerasi asal Indonesia yang berdiri sejak tahun 1985. Perjalanan ParagonCorp bermula dari perusahaan kosmetik nasional terbesar di Indonesia bernama PT Paragon Technology and Innovation yang menaungi brand-brand seperti Wardah, Make Over, Emina, Kahf, Putri, Laboré, Biodef, Instaperfect, Crystallure, Tavi, Wonderly, dan Earth Love Life. Saat ini, ParagonCorp terus berkembang dan melebarkan sayapnya di bidang distribusi dan perdagangan langsung dengan membawahi PT Parama Global Inspira dan PT Paranova Global Optima yang menaungi brand Beyondly.

ParagonCorp bertujuan untuk menjadi perusahaan yang berkomitmen untuk memiliki pengelolaan terbaik dan berkembang terus menerus dengan bersama-sama menjadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin. Visi kami adalah menjadi perusahaan yang bertumbuh, bermanfaat, dan berkelanjutan. Melalui ini, ParagonCorp berkomitmen untuk terus menghasilkan produk berkualitas yang memberikan manfaat bagi Paragonian, mitra, masyarakat, dan lingkungan dalam balutan lima nilai perusahaan (ketuhanan, keteladanan, kerendahan hati, ketangguhan, dan inovasi).

Baca Juga: ParagonCorp Raih Anugerah Diktiristek, Mitra Pendukung Talenta Kewirausahaan Terbaik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti