Kembangkan Bisnis, Pertamina International Shipping (PIS) Rencanakan IPO



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pertamina International Shipping (PIS) mengungkapkan rencananya melakukan aksi korporasi melepas saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Rencana ini diproyeksikan akan terlaksana pada dua tahun atau tiga tahun mendatang. 

Direktur Utama Pertamina International Shipping (PIS), Yoki Firnandi mengakui initial public offering (IPO) merupakan salah satu rencana yang sedang dimatangkan. 

“Saat ini kita sedang siapkan bagaimana nanti kita pada saat IPO ini siap, jadi pada tahap bagaimana kita secara bisnis tumbuh, perencanaan yang jelas. Dari sisi internal process kita bisa lebih baik. Sementara ini rencana kurang lebih 2-3 tahun ke depan,” jelasnya saat acara EBTKE ConEx di ICE BSD, Rabu (12/7). 


Baca Juga: Penuhi Standar Internasional, Kapal Milik Pertamina Shipping Lolos Paris MoU

Namun sayang, Yoki belum bisa membeberkan berapa target dana yang dibidik. Dia bilang belum sampai pada tahap ini. 

Yang terang, setelah IPO, Yoki mengatakan, pihaknya akan mewujudkan visi PIS sebagai perusahaan pelayaran dan logistik laut terkemuka di kawasan Asia Tenggara. Yang dia maksud sebagai perusahaan terkemuka ialah berupa ukuran perusahaan, keberadaan, kinerja keuangan, hingga kualitas operasional. 

Nantinya dana IPO yang dihimpun akan digunakan PIS salah satunya untuk menambah jumlah armada untuk berbagai jenis angkutan. 

Rencana penambahan kapal ini dilakukan PIS untuk mendukung pertumbuhan bisnisnya dan beradaptasi dengan perubahan bisnis sejalan dengan transisi energi. 

“Bagaimana kita bisa terus involve di bisnis masa depan. Ini kan terus berubah, energi bertransisi bagaimana kami ikut terlibat di angkutan tersebut yang masih related dengan bisnis shipping kita seperti container, dry bulk, dan lainnya,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi