JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong para pebisnis menyasar negara-negara nontradisional (emerging market) selain fokus pada negara tradisional guna menggenjot peningkatan ekspor nonmigas. Salah satu negara nontradisional yang didorong untuk mulai dijajaki ialah pasar Amerika Selatan, di samping juga Eropa Tengah dan Afrika. Hal ini ditegaskan Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Karyanto Suprih pada Forum Pertemuan Pelaku Ekspor Jawa Barat dengan tema “Meraih Pasar Amerika Selatan dalam Rangka Meningkatkan Nilai Ekspor Nonmigas Indonesia”, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/6/2016). “Kawasan Amerika Selatan menyimpan potensi yang sangat besar sebagai pasar bagi produk Indonesia, namun nilai perdagangan Indonesia ke kawasan tersebut masih tergolong kecil. Barang-barang konsumsi yang berpotensi besar yaitu produk tekstil, otomotif, dan hasil pertanian,” ujar Karyanto, melalui siaran per ke Kompas.com.
Kemdag dorong pebisnis masuk pasar Amerika Selatan
JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) mendorong para pebisnis menyasar negara-negara nontradisional (emerging market) selain fokus pada negara tradisional guna menggenjot peningkatan ekspor nonmigas. Salah satu negara nontradisional yang didorong untuk mulai dijajaki ialah pasar Amerika Selatan, di samping juga Eropa Tengah dan Afrika. Hal ini ditegaskan Plt. Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Karyanto Suprih pada Forum Pertemuan Pelaku Ekspor Jawa Barat dengan tema “Meraih Pasar Amerika Selatan dalam Rangka Meningkatkan Nilai Ekspor Nonmigas Indonesia”, di Bandung, Jawa Barat, Kamis (2/6/2016). “Kawasan Amerika Selatan menyimpan potensi yang sangat besar sebagai pasar bagi produk Indonesia, namun nilai perdagangan Indonesia ke kawasan tersebut masih tergolong kecil. Barang-barang konsumsi yang berpotensi besar yaitu produk tekstil, otomotif, dan hasil pertanian,” ujar Karyanto, melalui siaran per ke Kompas.com.