Kemdag revitalisasi pasar tradisional di Sumbawa



JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemdag) melakukan revitalisasi pasar tradisional Brang Biji di Sumbawa Besar, Nusa Tenggara Barat (NTB). Dalam siaran persnya hari ini (9/1), revitalisasi pasar Brang Biji itu menggunakan anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tahun 2011-2012.

Besaran dana revitalisasi pasar itu adalah Rp 2,08 miliar, dan 10% diantaranya berasal dari dana APBD Kabupaten Sumbawa. Gita menjelaskan, dalam revitalisasi itu, pasar Brang Biji telah mengalami perbaikan infrastruktur dan juga manajemennya.

Perbaikan meliputi penataan area dalam pasar, seperti zona antar pedagang, perbaikan fisik bangunan, sirkulasi udara, sanitasi, fasilitas pedagang dan pembeli serta penanganan sampah. "Jika dirawat dengan baik, kami yakin pasar memberi manfaat yang besar bagi kesejahteraan masyarakat sekitar," kata Gita dalam keterangan tertulisnya yang diterima KONTAN, Rabu (9/1).


Bahkan, Gita menginginkan, pasar tradisional bisa dilengkapi dengan CCTV. "CCTV untuk memantau aktivitas perdagangan dan mengoptimalkan monitoring, evaluasi transaksi dan alat keamanan," jelas Gita.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri