Kemenag Prediksi Lebaran Jatuh pada Sabtu (22/4) Karena Hilal Belum Penuhi Syarat



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anggota Tim Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag) Ing Khafid menyampaikan prediksi Kemenag usai memaparkan posisi hilal di seluruh Indonesia. Ing menyebut Idul Fitri 2023 akan jatuh pada Sabtu (22/4). 

"Kalau bicara scientific, alasan ilmiah prediksinya hari Sabtu," ujar Ing saat ditemui di Kantor Kemenag, Jakarta Pusat, Kamis (20/4). 

Ing mengindikasikan bahwa Lebaran 2023 yang ditetapkan pemerintah dan Muhammadiyah akan berbeda. Sebab, Muhammadiyah telah menyatakan bahwa Lebaran 2023 jatuh pada Jumat (21/4). 


"Ya betul (hilal belum penuhi syarat). Kita fokus ke wilyaah NKRI dari Merauke atau Jayapura di timur sampai Sabang, bahkan titik nol di Indonesia Sabang sana, itu belum ada yang memenuhi kriteria," jelasnya. 

Baca Juga: Shalat Idul Fitri 2023 Boleh Digelar di Masjid Hingga Lapangan dengan Patuhi Prokes

Namun demikian, untuk kepastiannya, dirinya meminta agar menunggu hasil sidang Isbat. 

Jumpa pers hasil sidang Isbat penetapan Lebaran 2023 akan diselenggarakan pada pukul 19.05 WIB nanti. 

Rencananya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas langsung yang akan menyampaikan hasil sidang isbat tersebut. (Penulis : Adhyasta Dirgantara/ Editor : Bagus Santosa)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenag: Lebaran 2023 Diprediksi Sabtu 22 April, Hilal Belum Penuhi Syarat"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi