Kemenbudpar Patok Jumlah Wisatawan China ke Indonesia Naik 25% Menjadi 500.000 Orang Tahun ini



JAKARTA. Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata mematok target jumlah kunjungan wisatawan asal China ke Indonesia pada 2010 mencapai 500.000 orang. Target ini naik 25% dibandingkan dengan tahun lalu, sebanyak 400.000 orang.

Dengan target jumlah wisatawan ini, Pemerintah berharap devisa negara akan bertambah sekitar US$ 500 juta. "Sebab, rata-rata wisatawan China membelanjakan US$10.00 per orang," kata Nia Niscaya, Direktur Konvensi, Insentif, dan Pameran (MICE) Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, kemarin.

Untuk mencapai target tersebut, selain menyelenggarakan acara-acara di dalam negeri, pemerintah juga akan memanfaatkan keikutsertaan Indonesia dalam World Expo 2010 di Shangai dari 1 Mei hingga 31 Oktober.


Di situ, Indonesia akan membuka stan-stan untuk memperkenalkan Indonesia kepada para pengunjung dari berbagai daratan China. Secara lebih rinci, menurut Nia, pemerintah akan memfokuskan promosi wisata Indonesia ke calon-calon wisatawan dari bagian utara China.

Target wisatawan China tahun ini itu juga berpatokan pada tahun lalu. Tanpa menyebut jumlah pasti, Nia mengungkapkan, jumlah wisatawan asal China di 2009 naik 13% dibandingkan 2008.

Selama ini, tujuan daerah wisata yang menjadi fokus wisatawan China adalah Bali. Wisatawan China juga mulai melirik daerah wisata lain, seperti Medan, dan Kepulauan Seribu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test