JAKARTA. Kementerian Perhubungan akan mengawasi secara ketat kinerja PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) dalam mengelola rute yang diberikan. “Kami tahu kondisi Merpati sedang tidak ideal menjalankan usaha. Terakhir kabar yang didapat maskapai ini berhenti beroperasi (off) beberapa hari melayani rute dari Makassar,” ungkap Herry Bhakti S Gumay, Dirjen Perhubungan Udara, Kemenhub. Diungkapkannya, sering tak konsistennya Merpati mengelola rute yang dimilikinya adalah karena tak mampu memenuhi kewajiban ke Pertamina dalam membayar avtur. “Embargo Pertamina terhadap pasokan avtur Merpati itu sudah meluas sampai ke hub station. Mereka pilih pembayaran cash basis setelah ada penghentian pasokan dari Pertamina beberapa waktu lalu. Pola ini, kalau ada uang baru avtur diberikan,” katanya. Menurutnya, salah satu opsi yang bisa menyelamatkan Merpati adalah menjadikan maskapai ini fokus mengelola rute perintis. “Kalau MA-60 yang mereka miliki masih oke. Jadi itu bisa dimanfaatkan. Merpati kalau ditutup pun tak masalah bagi rute Public Service Obligation (PSO) karena hanya melayani tiga rute kok,” katanya.
Kemenhub awasi pengelolaan rute Merpati
JAKARTA. Kementerian Perhubungan akan mengawasi secara ketat kinerja PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) dalam mengelola rute yang diberikan. “Kami tahu kondisi Merpati sedang tidak ideal menjalankan usaha. Terakhir kabar yang didapat maskapai ini berhenti beroperasi (off) beberapa hari melayani rute dari Makassar,” ungkap Herry Bhakti S Gumay, Dirjen Perhubungan Udara, Kemenhub. Diungkapkannya, sering tak konsistennya Merpati mengelola rute yang dimilikinya adalah karena tak mampu memenuhi kewajiban ke Pertamina dalam membayar avtur. “Embargo Pertamina terhadap pasokan avtur Merpati itu sudah meluas sampai ke hub station. Mereka pilih pembayaran cash basis setelah ada penghentian pasokan dari Pertamina beberapa waktu lalu. Pola ini, kalau ada uang baru avtur diberikan,” katanya. Menurutnya, salah satu opsi yang bisa menyelamatkan Merpati adalah menjadikan maskapai ini fokus mengelola rute perintis. “Kalau MA-60 yang mereka miliki masih oke. Jadi itu bisa dimanfaatkan. Merpati kalau ditutup pun tak masalah bagi rute Public Service Obligation (PSO) karena hanya melayani tiga rute kok,” katanya.