Kemenhub Raih Penghargaan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan Tahun 2024



KONTAN.CO.ID -  Kementerian Perhubungan meraih Penghargaan Pelayanan Publik pada kategori Penyelenggaraan Pelayanan Publik Ramah Kelompok Rentan. Adapun dalam hal ini, unit kerja yang meraih penghargaan adalah Balai Pengelola Kereta Api Ringan Sumatera Selatan (LRT Sumsel), yang berada di bawah Kemenhub, meraih penghargaan dalam 10 Kementerian terbaik dengan pelayanan prima. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menerima penghargaan tersebut pada acara Gebyar Pelayanan Prima yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, di Jakarta, Selasa (8/10).

"Hari ini LRT Sumsel mendapat penghargaan Pelayanan Prima dari Kemenpan RB. Saya menerima ini bersama dengan Kepala Balai, perwakilan Ditjen Perkeretaapian serta perwakilan PT KAI. Saya berpesan kepada seluruh unit kerja Kemenhub agar pelayanan kita harus selalu ditingkatkan, karena bagaimanapun juga fasilitas yang dibangun harus bisa melayani masyarakat," ujar Menhub.

Menhub menyampaikan bahwa mewujudkan pelayanan publik yang inklusif dan bisa dinikmati seluruh lapisan masyarakat merupakan komitmen yang dimiliki Kemenhub. Hal ini merupakan wujud implementasi dari Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.


"Dalam Undang-Undang Pelayanan Publik secara tegas disampaikan bahwa pelayanan publik wajib memberikan kemudahan aksesibilitas bagi seluruh kelompok, termasuk kelompok rentan. Itu yang terus kita upayakan. Selamat atas penghargaan ini. Kita harus terus berjuang," kata Menhub.

Untuk itu, Menhub berharap seluruh unit kerja serta operator /stakeholder di lingkup Kementerian Perhubungan dapat terus memberikan pelayanan yang prima, transformatif, inovatif dan inklusif. Menhub berharap penghargaan yang didapat bisa menjadi penyemangat untuk terus mempertahankan pelayanan yang baik bagi masyarakat.

Plt. Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Abdul Hakim mengatakan bahwa pelayanan publik di Indonesia terus menunjukan tren positif. Indeks Pelayanan Publik di Indonesia yang diukur oleh theglobaleconomy.com mengalami peningkatan. Selain itu, Indeks Daya Saing Indonesia juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan di tahun 2024, dimana Indonesia menempati peringkat 27, dibanding tahun 2022 yang masih berada di posisi 44.

"Peningkatan ini mencerminkan hasil dari berbagai perbaikan yang telah dilakukan dalam pemerintahan dan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Ini menjadi bukti kehadiran pemerintah yang berkolaborasi dengan para pemangku kepentingan untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik. Kegiatan penganugerahan hari ini merupakan bentuk apresiasi bagi para penyelenggara pelayanan publik yang melaksanakan tugasnya dengan prima," ujar Abdul Hakim.

Turut hadir dalam acara ini Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Baca Juga: Menhub: Insan Transportasi Terus Beradaptasi Hadapi Tantangan yang Makin Kompleks

Selanjutnya: Bahana TCW Terapkan Strategi Defensif di Tengah Peningkatan Yield

Menarik Dibaca: Tips Mencegah Ejakulasi Dini pada Pria, Intip Ulasannya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: