Kemenkes nyatakan spesimen dari Cianjur negatif virus corona



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan Achmad Yurianto menyatakan, hasil pemeriksaan terhadap spesimen dari pasien di Cianjur dipastikan negatif terjangkit virus corona (Covid-19).

Namun, pihaknya saat ini masih harus mengonfirmasi ulang kepada Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (litbangkes), apakah spesimen yang dinyatakan negatif ini adalah milik pasien suspect corona yang dinyatakan meninggal di Rumah Sakit dr Hafidz (RSDH) Cianjur beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jokowi minta masyarakat tak perlu borong sembako berlebihan

"Pasien yang di Cianjur kami tidak mengidentifikasi orangnya, tapi spesimen yang diberi dari Cianjur sudah diperiksa dan hasilnya negatif. Tentunya ini PR buat saya untuk bertanya lagi apakah spesimen ini atas nama yang meninggal," ujar Yuri di Gedung Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Selasa (3/3).

Konfirmasi ini dilakukan karena pengiriman spesimen untuk diperiksa menggunakan kode, bukan nama pasien. Jadi perlu konfirmasi ulang apakah kode spesimen ini memang benar milik pasien suspect corona yang meninggal.

"Tapi konfirmasinya belum selesai, saya akan cek ke litbang, spesimen dari Cianjur apakah sudah dikembalikan, dan apakah hasilnya sudah disampaikan? Kalau sudah, saya akan konfirmasi ke Cianjur apakah ini spesimen dari orang yang meninggal duluan? Saya belum melakukan itu ya," paparnya.

Baca Juga: DRI: Optimisme konsumen stabil di level 102,5 pada Februari 2020

Editor: Noverius Laoli