Kemenkes: Seluruh Bayi Akan Dapatkan Imunisasi Tetes Rotavirus



MOMSMONEY.ID - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengatakan seluruh bayi akan mendapatkan imunisasi tetes rotavirus (RV) menjelang hari kemerdekaan RI. Pemberian imunisasi ini dilakukan untuk melindungi anak Indonesia dari kejadian diare berat.

Adapun, pemberian imunisasi RV akan dilaksanakan secara Nasional pada 15 Agustus 2023 di Sulawesi Selatan.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan, Muhammad Syahril mengatakan, sasaran pemberian imunisasi RV dimulai paling cepat pada anak usia 2 bulan atau bayi yang dilahirkan pada tanggal 16 Mei yang akan diberikan sebanyak 3 dosis dengan jarak 4 minggu antar dosis. "Dan imunisasi dosis terakhir diberikan pada bayi usia 6 bulan 29 hari," ujar Syahril dikutip dari situs Kemenkes, Selasa (15/8).


Pada 2022, pemberian imunisasi RV di Indonesia dilaksanakan secara bertahap di 21 kab/kota di 18 Provinsi dengan sasaran 196.876 bayi. Syahril menyebut, pertimbangan pemberian imunisasi Rv saat itu berdasarkan angka morbiditas dan mortalitas diare yang tinggi pada balita serta kesiapan sumber daya daerah dalam pelaksanaan imunisasi.

Baca Juga: Ingin Jalan-Jalan Ke Museum? Ini 6 Wisata Museum di Indonesia yang Wajib Dikunjungi!

Seluruh kebutuhan vaksinasi ini pun akan dibebakan pada APBN dan biaya operasional dibebankan pada APBN, APBD dan sumber lain yang tidak mengikat. Peneyelenggaraannya pun dilakukan secara terpadu dengan lintas program dan lintas sektoral dalam hal tenaga, sarana, dan dana mulai dari tingkat pusat sampai tingkat pelaksana.

Sebagai informasi, diare masih menjadi salah satu penyebab kesakitan dan kematian tertinggi pada bayi. Data dari Indonesian Rotavirus Surveillance Network (IRSN), sekitar 45% kasus rawat inap pada balita disebabkan oleh diare cair akut yang disebabkan Rotavirus. Bahkan Sekitar 9,8% kematian pada bayi dibawah 12 bulan dan 4,55 kematian pada balita usia 12-59 bulan di Indonesia disebabkan oleh diare.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Lidya Yuniartha