KONTAN.CO.ID - Industri kosmetik Indonesia selain memiliki potensi pasar yang besar, juga menjadi salah satu usaha yang banyak digeluti oleh pelaku industri dalam negeri. Perkembangan pasar dan kebutuhan masyarakat menjadikan produk kosmetik sebagai sebuah tren dan gaya hidup masyarakat. Untuk dapat berhasil di pasar kosmetik saat ini, para pelaku usaha kosmetik khususnya yang berskala Industri kecil dan menengah (IKM) didorong untuk memahami perubahan preferensi konsumen dan menyesuaikan produknya, serta menyiapkan strategi pemasaran agar mampu diterima oleh pasar. Untuk mendukung pengembangan IKM kosmetik, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin kembali menggelar Kompetisi Starup Kosmetik yang baru saja dimulai pada tanggal 30 Juli 2024. Kompetisi yang pada tahun ini mengusung slogan “Grow and Classy” tersebut telah diselenggarakan sejak tahun 2019. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka, Reni Yanita dalam keterangannya pada Jumat (2/8) menyampaikan bahwa pasar kosmetik di Indonesia saat ini berada dalam kondisi ekspansif. Hal ini terlihat pada data total pendapatan industri kosmetik, yang dalam kurun waktu 2021-2024 diperkirakan mengalami total kenaikan 48%, yakni dari USD1,31 miliar atau sekitar Rp21,45 triliun di tahun 2021, menjadi USD1,94 miliar atau sekitar Rp31,77 triliun di tahun 2024 (data Statista.com).
Kemenperin Pacu IKM Kosmetik Maksimalkan Pasar yang Ekspansif
KONTAN.CO.ID - Industri kosmetik Indonesia selain memiliki potensi pasar yang besar, juga menjadi salah satu usaha yang banyak digeluti oleh pelaku industri dalam negeri. Perkembangan pasar dan kebutuhan masyarakat menjadikan produk kosmetik sebagai sebuah tren dan gaya hidup masyarakat. Untuk dapat berhasil di pasar kosmetik saat ini, para pelaku usaha kosmetik khususnya yang berskala Industri kecil dan menengah (IKM) didorong untuk memahami perubahan preferensi konsumen dan menyesuaikan produknya, serta menyiapkan strategi pemasaran agar mampu diterima oleh pasar. Untuk mendukung pengembangan IKM kosmetik, Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (IKMA) Kemenperin kembali menggelar Kompetisi Starup Kosmetik yang baru saja dimulai pada tanggal 30 Juli 2024. Kompetisi yang pada tahun ini mengusung slogan “Grow and Classy” tersebut telah diselenggarakan sejak tahun 2019. Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka, Reni Yanita dalam keterangannya pada Jumat (2/8) menyampaikan bahwa pasar kosmetik di Indonesia saat ini berada dalam kondisi ekspansif. Hal ini terlihat pada data total pendapatan industri kosmetik, yang dalam kurun waktu 2021-2024 diperkirakan mengalami total kenaikan 48%, yakni dari USD1,31 miliar atau sekitar Rp21,45 triliun di tahun 2021, menjadi USD1,94 miliar atau sekitar Rp31,77 triliun di tahun 2024 (data Statista.com).
TAG: