Kementan minta Rp 128 miliar untuk basmi wereng



JAKARTA. Kementerian Pertanian RI meminta dukungan politik DPR-RI dalam pengajuan anggaran sebesar Rp 128 miliar pada Kementerian Keuangan untuk memberantas hama wereng batang cokelat (WBC).

"Kami minta dukungan politik DPR saja untuk payung hukum. Kami sudah ajukan Rp 128 miliar untuk antisipasi tanaman penyakit yang bisa menurunkan produksi padi," ujar Menteri Pertanian Suswono dalam rapat kerja dengan Komisi IV, hari ini (17/2). Dana tersebut akan dikategorikan sebagai dana kontigensi.

Direktur Jenderal Tanaman Pangan, Kementerian Pertanian, Udhoro Kasih Anggoro menambahkan, serangan WBC dilaporkan sudah menyerang tanaman padi di berbagai daerah. Karena itu, "perlu pengendalian yang massal dan serentak. Kalau tidak, akan terus berlangsung," kata dia.


Dikutip dari laporan Ditjen Tanaman Pangan per 6 Februari 2014, luas lahan yang terkena serangan OPT ini sepanjang musim hujan 2013/2014 atau sekitar Oktober 2013 hingga Januari 2014 mencapai 10.331 hektare (ha) dengan lahan gagal panen alias puso sekitar 88 ha.

Hama ini menyebarkan virus yang dapat menyebabkan penyakit kerdil rumput dan kerdil hampa pada padi. Sejauh ini Kementan telah menerbitkan surat edaran peringatan kewaspadaan pada para gubernur dan melakukan pencegahan serta tindakan penanganan dengan pestisida.

Total stok pestisida saat ini sebanyak 1,69 juta liter pestisida yang dapat digunakan untuk 800.000 ha dan 108.031 boks pengasapan untuk 216.000 ha lahan padi yang terkena hama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan