Kementan Tingkatkan Produksi Pertanian Melalui Program PAT dan Pompanisasi



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan produksi pertanian nasional melalui program strategis Perluasan Areal Tanam (PAT) dan pompanisasi. 

Program PAT bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, khususnya di daerah dengan potensi lahan yang belum tergarap secara optimal.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, menegaskan bahwa pemberdayaan generasi milenial adalah kunci sukses modernisasi, inovasi, dan keberlanjutan pertanian Indonesia. 


Baca Juga: Kembali Jadi Mentan, Amran Fokus Program Cetak sawah 40.000 Ha di Merauke

Senada, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti, menekankan pentingnya peran generasi muda dalam sektor pertanian.

"Sangat penting mendorong regenerasi petani untuk ketahanan pangan Indonesia," ujarnya, dalam siaran pers, Rabu (23/10).

Informasi mengenai progres pompanisasi dan PAT di seluruh Indonesia disampaikan melalui Program GasPol Kementan, yang merupakan siaran langsung ke lahan pertanian untuk menginformasikan situasi menarik di lokasi tersebut. 

Polbangtan Bogor telah melaksanakan live streaming episode ke-23 dari program GasPol, dengan fokus pada pelaporan progres pompanisasi di Kecamatan Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga: Kementan Sebut Program Cetak Sawah 3 Ha Dapat Dukungan Penuh dari Prabowo

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting di bidang pertanian, termasuk Direktur Polbangtan Bogor, Yoyon Haryanto, Sekretaris Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Bogor, serta perwakilan aparat setempat dan Ketua Gapoktan Tani Mawar. 

Yoyon Haryanto menyatakan bahwa program pompanisasi bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian, terutama di daerah yang sering kekurangan air. 

"Dengan adanya fasilitas pompanisasi, diharapkan para petani dapat mengoptimalkan penggunaan air untuk irigasi lahan pertanian mereka," ujarnya.

Selanjutnya: Kinerja Kuartal III Meroket, Laba Bersih Bank Raya (RAYA) Tembus 130,9%

Menarik Dibaca: Prakiraan Cuaca Jakarta Besok (24/10): Cerah Berawan dan Berawan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli