Kementerian ESDM: 3 Tahun Terakhir, Ada 23 Kontrak Migas Baru



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ariana Soemanto menyatakan dalam tiga tahun terakhir, ada 23 kontrak minyak dan gas bumi (migas) baru, termasuk dua yang telah ditandatangani yaitu blok Amanah dan Melati.

Dalam tiga tahun terakhir, minat investor untuk masuk ke eksplorasi migas di Indonesia terus meningkat. Pemerintah menyampaikan minat investor untuk melakukan eksplorasi migas di Indonesia terus meningkat dalam 3 (tiga) tahun terakhir.

“Saat ini ada tabungan eksplorasi sekitar Rp 4,3 triliun dan Rp 11 triliun untuk pengembangan”, imbuh Ariana dalam keterangan resmi, Senin (14/10).


Ariana menuturkan fokus area eksplorasi ke depan adalah di wilayah timur yang terdapat di 5 area yaitu Buton, Timor, Seram, Aru dan Papua. Untuk wilayah barat, fokusnya ada di Sumatera Utara, Sumatera Selatan dan Jawa Timur.

Baca Juga: Komitmen Pertamina Wujudkan Target Net Zero Emission

“Diwilayah timur sudah ada sekitar 5 join study, dan ada 1 yang jadi blok migas baru. Untuk wilayah barat, ada 1 yang sudah mulai mengarah ke joint study.  Adanya Tim Kepmen Eksplorasi, saat ini dari barat hingga timur, memiliki 34 joint study”, jelas Ariana.

Ariana menyampaikan upaya Pemerintah untuk mempercepat dukungan terhadap eksplorasi hulu migas yang sudah dilakukan antara lain Fleksibilitas PSC, split sampai 50%, Bank garansi yang lebih murah, penawaran langsung tanpa joint study, perubahan komitmen eksplorasi ke area terbuka, tambahan periode eksplorasi dan penambahan masa periode pasca POD 1.

Deputi Eksplorasi Pengembangan Dan Manajemen Wilayah Kerja SKK Migas Benny Lubiantara menambahkan eksplorasi yang lebih masif membutuhkan dukungan regulasi yang lebih kuat lagi.

Saat ini kebanyakan proyek yang ada di long term plan (LTP) tidak ekonomis, oleh karenanya bagaimana agar hasil eksplorasi dapat diproduksikan maka butuh payung hukum yang kuat yaitu penyelesaian RUU Migas.

“Industri hulu migas membutuhkan terobosan-terobosan agar ada split yang lebih bagus, jika ada kegiatan di open area kenapa tidak beri kemudahan-kemudahan”:, imbuh Benny.

Terkait upaya mempercepat penemuan menjadi produksi, Benny menyampaikan saat ini dari aspek teknis dan non teknis, hambatan dan tantangan terbesar adalah faktor non teknis.

Menurut Benny, untuk urusan teknis bisa dipercepat, seperti saat ini dalam hitungan bulan plan of development (POD) sudah bisa diselesaikan, tetapi untuk non teknis seperti perizinan, amdal dan lainnya penyelesaiannya tidak dapat diprediksikan.

“Akibatnya meskipun POD sudah disetujui, sering proyek itu delay terus tidak onstream penyebabnya umumnya di perizinan, amdal, pengadaan yang lama, dukungan pemerintah di daerah yang lama. Ketika sekali molor proyek tersebut, maka dipastikan pencapaian target LTP juga akan mundur”, terang Benny.

Direktur Eksplorasi Pertamina Hulu Energi Muharram Jaya Panguriseng menyampaikan Pertamina terus melakukan kegiatan eksplorasi secara masif dan agresif. Di luar upaya yang lain, dia menegaskan bahwa peningkatan produksi kontribusi eksplorasi tetap adalah paling utama dan signifikan.

Baca Juga: ESDM Pangkas Ratusan Perizinan Eksplorasi Migas, Ini Penjelasan Menteri Bahlil

Pertamina telah meningkatkan target penemuan migas. Untuk lokasi yang masuk kategori mature, dari statistik 10 tahun terakhir, hanya sekitar 10 MMBOE. Dalam 2 tahun terakhir PHE telah tingkatkan menjadi 15 MMBOE di tahun ini. Untuk tahun 2025 bahwa hanya prospek di atas 30 MMBOE yang di bor.

“Kami juga melakukan cara-cara yang out of the box, di tempat yang lama dijalankan dengan cara baru. Kita baru saja discovery di sumur Astrea Rokan yaitu 3.000 BOPD per hari tanpa air, 100% adalah minyak”, imbuh Muharram.

Muharram menambahkan strategi kedua adalah strategi untuk bertumbuh, ibaratnya ketika ditargetkan mencari paus maka harus di laut dalam dan bukan di kolam.

“Saat ini Pertamina agresif di WK baru salah satunya di Sulawesi dan akan terus melakukan itu di area frontier yang potensial lainnya”, pungkasnya.

Selanjutnya: Metropolitan Land (MTLA) Catat Marketing Sales Rp 1,29 Triliun Hingga September 2024

Menarik Dibaca: 16 Jenis Serum Hanasui dan Manfaatnya untuk Kulit, Kulit Berjerawat Bisa Pakai!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .