Kemtan siapkan bantuan untuk petani Sinabung



JAKARTA. Kementerian Pertanian (Kemtan) siapkan bantuan pertanian untuk petani di Gunung Sinabung. Bulan ini, tim Kemtan akan menuju Gunung Sinabung untuk mengecek kebutuhan pertanian.

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman mengatakan, tim dari Kemtan sudah turun untuk melakukan investarisir kebutuhan petani di Gunung Sinabung. Dalam bentuk apa bantuan Kemtan diberikan kepada petani di Gunung Sinabung, Amran mengaku masih berkordinasi dengan dinas pertanian daerah akan kebutuhan petani setempat. "Anggarannya kami sedang siapkan," pada Senin (22/6) usai Upacara Peringatan Hari Krida Pertanian.

Sebagai gambaran, tahun lalu, pemerintah menyalurkan bantuan senilai Rp 129 miliar. Wujudnya, benih sayuran untuk 183 ha, benih kopi dan alat mesin yang diberikan kepada kelompok tani. Berikut juga bantuan untuk pencangkulan lahan untuk lahan yang tertutup abu tipis (kurang dari 2 cm). Plus pemberian pupuk organik 5 ton per ha.


Tahun lalu, pemerintah daerah Kabupaten Karo menyebut kerugian materi diperkirakan mencapai triliun lebih karena banyak tanaman masyarakat yang rusak.

Lahan pertanian rusak tersebar di empat kecamatan yakni Kecamatan Namanteran, Kecamatan Payung, Kecamatan Tiganderket, dan Kecamatan Simpang Empat. Tanaman pangan yang terkena dampak erupsi itu adalah padi, padi gogo, jagung, ubi jalar dan keladi.

Adapun tanaman holtikultura yang terkena adalah sayuran, buah-buahan dan tanaman hias.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie