Kenali 5 Penyebab Kaki Terasa Dingin saat Cuaca Normal, Bisa Jadi Tanda Penyakit



KONTAN.CO.ID - Penyebab kaki terasa dingin bisa diakibatkan oleh musim hujan atau cuaca dingin, dan itu adalah hal wajar.

Namun sebaliknya, jika kaki terasa dingin saat kondisi cuaca normal atau panas, ini bisa menjadi faktor ada gangguan kesehatan yang harus diwaspadai. 

Pada dasarnya, kaki terasa dingin adalah hal yang wajar dan tidak berbahaya serta hampir dialami setiap orang.

Meski demikian, apabila kaki terasa dingin berkepanjangan, Anda patut segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter.

Pasalnya, mungkin saja hal tersebut merupakan tanda penyakit serius yang berbahaya bagi kesehatan. Sirkulasi darah yang kurang baik biasanya menjadi salah satu faktor munculnya rasa dingin tersebut.

Baca Juga: 7 Manfaat Buncis Bagi Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui

Melansir dari Real Simple, ada beberapa penyebab kaki terasa dingin yang perlu Anda ketahui:

1. Udara dingin 

Udah dingin adalah salah satu penyebab yang membuat kaki terasa dingin pula. Ini sangat wajar terjadi karena kondisi tubuh terasa benar-benar dalam kondisi kedinginan.

Oleh karena itu, hal tersebut bukan menjadi tanda ada sesuatu yang serius. 

2. Sirkulasi tubuh yang buruk 

Setiap orang memiliki sistem peredaran darah yang bertanggungjawab untuk membawa darah ke seluruh tubuh. Tetapi, sistem peredaran darah beberapa orang kurang efisien. 

Jika Anda memiliki sirkulasi yang buruk, darah Anda mungkin tidak mengalir dengan bebas atau secepat yang seharusnya. Dan karena sirkulasi bisa mempengaruhi suhu tubuh, penurunan aliran darah ini dapat menyebabkan kaki Anda merasa kedinginan. 

Pembuluh darah di kaki dan tangan Anda adalah yang terkecil dan paling sensitif. Jadi, sirkulasi yang buruk dapat menyebabkan kaki dan tangan Anda terasa sangat dingin.

3. Stres

Perlu Anda ketahui bahwa stres bisa menimbulkan kaki terasa dingin. Jika Anda merasa sangat stres atau cemas, respons melawan-atau-lari tubuh Anda kemungkinan akan muncul. 

Karena tangan dan kaki Anda bukan kelompok otot utama, mereka mungkin mengalami penurunan aliran darah selama masa stres.

Dan karena sirkulasi memainkan peran kunci dalam pengaturan suhu tubuh, ini bisa menyebabkan tangan dan kaki Anda terasa dingin dan/atau lembap.

Baca Juga: 7 Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan yang Perlu Anda Ketahui

4. Tiroid yang kurang aktif

Kelenjar tiroid yang kurang aktif bisa menjadi penyebab kaki terasa dingin. Kelenjar tiroid sendiri adalah kelenjar kecil di bagian depan leher Anda, dan tugasnya adalah memproduksi hormon yang mempengaruhi cara tubuh menggunakan energi.

5. Anemia

Anemia atau kekurangan kekurangan sel darah merah adalah kondisi yang kerap dialami banyak orang. Hal tersebut menjadi salah satu penyebab kaki terasa dingin loh. Bahkan, tidak hanya kaki tubuh secara keseluruhan biasa juga terasa dingin.

Selain kekurangan darah, penyempitan pembengkakan pembuluh darah juga bisa menyebabkan kaki terasa dingin. 

Perlu Anda ketahui, jika Anda mengalami kaki dingin berulangkali dengan intensitas tinggi dan jangka waktu yang lama segeralah untuk periksa ke dokter agar bisa segera diobati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News