Kenali Perbedaan Jenis-Jenis Asuransi Mobil



MOMSMONEY.ID - Asuransi tidak hanya memberikan perlindungan untuk diri tetapi ada juga yang untuk kendaraan. Salah satunya adalah asuransi mobil memberikan perlindungan finansial bagi pemilik kendaraan dari berbagai risiko yang mungkin terjadi.

Buat moms yang berkendara roda empat, saat ini ada beberapa jenis asuransi mobil yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan setiap nasabah.

Roojai, penyedia asuransi online di Indonesia yang berizin resmi dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan beberapa jenis asuransi mobil yang bisa dipilih sesuai kebutuhan dan kemampuan. Apa saja itu? Yuk simak di bawah ini :


1. Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk adalah pilihan yang menawarkan perlindungan paling komprehensif. Jenis asuransi ini melindungi mobil dari beragam kerusakan, mulai dari kerusakan kecil seperti baret, hingga kerusakan besar akibat kecelakaan. Dengan perlindungan ini, pemilik kendaraan tidak perlu khawatir terhadap biaya perbaikan yang mahal.

Asuransi All Risk menawarkan manfaat tambahan seperti penggantian mobil sementara, layanan derek, hingga santunan kecelakaan bagi pengemudi dan penumpang. Manfaat ini tentu saja memberikan rasa aman, dan nyaman bagi pengemudi saat berkendara.

Namun, untuk mendapatkan perlindungan ini, nasabah harus membayar premi lebih tinggi dibandingkan jenis asuransi lain. Karena itu, penting untuk mempertimbangkan budget yang dimiliki sebelum memilih asuransi mobil All Risk.

Jenis asuransi mobil ini sangat direkomendasikan untuk kendaraan baru atau kendaraan dengan nilai tinggi.

2. Asuransi TLO

Asuransi Total Loss Only (TLO) adalah jenis asuransi mobil yang menawarkan perlindungan dengan syarat khusus. Asuransi ini hanya akan menanggung kerusakan jika biaya perbaikan mencapai 75% atau lebih dari harga mobil. Jadi, untuk kerusakan kecil, pemilik kendaraan harus menanggung biayanya sendiri.

Dengan cakupan yang lebih terbatas, premi asuransi TLO biasanya lebih terjangkau dibandingkan asuransi All Risk. Karena itu, asuransi TLO menjadi pilihan menarik bagi mereka yang menginginkan jenis perlindungan kendaraan dengan biaya lebih rendah.

Asuransi TLO sering dipilih pemilik mobil lama atau mobil dengan nilai jual lebih rendah. Karena biayanya yang terjangkau, asuransi ini memberikan proteksi dasar dengan biaya yang tidak banyak.

Namun, penting untuk diingat, asuransi TLO tidak memberikan manfaat perlindungan untuk kerusakan kecil. Jadi, pastikan memahami risiko ini ya sebelum memutuskan membeli produknya.

Baca Juga: Promo KFC dan Hokben Tiap Selasa Agustus 2024, Ada Bundling Menu Rp 50.000an

3. Asuransi Mobil Rider (Tambahan)

Asuransi mobil tambahan (rider) atau perluasan jaminan merupakan jenis perlindungan yang ditawarkan di luar asuransi All Risk.

Untuk mendapatkan manfaatnya, nasabah bisa memilih perluasan jaminan pertanggungan kerusakan yang disebabkan oleh banjir dan angin topan, gempa bumi dan tsunami, huru-hara dan kerusuhan, terorisme dan sabotase, tanggung jawab hukum pihak ketiga (TJHPK) yang akan menanggung biaya ganti rugi terhadap pihak ketiga, hingga kecelakaan diri.

4. Asuransi Collision Coverage

Jenis asuransi mobil lainnya adalah asuransi Collision Coverage, yaitu jenis perlindungan khusus untuk membiayai kecelakaan mobil akibat tabrakan yang disebabkan oleh pengemudi.

Selain mengganti kerusakan mobil karena kecelakaan, asuransi Collision Coverage juga akan mengganti sesuai harga mobil yang dimiliki.

5. Liability Insurance

Liability Insurance menawarkan manfaat perlindungan ekstra karena memberi jaminan biaya tagihan medis atas cedera yang disebabkan oleh pengemudi.

Selain kerugian materi karena kondisi mobil yang rusak, biaya pengobatan atau perawatan pihak ketiga di rumah sakit juga tidak murah. Dengan asuransi ini, maka nasabah akan mendapat perlindungan finansial dari risiko kecelakaan.

Baca Juga: Promo Alfamidi Ngartis 1-15 Agustus 2024, Cat Rambut-Cereal Bar Beli 1 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nina Dwiantika