Kenali Tren Silent Walking: Pengertian, Manfaat, dan Cara Memulainya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami apa itu Silent Walking yang menjadi trend di media sosial. Perkembangan teknologi memungkinkan informasi baru yang tentu membuat pengguna media sosial penasaran dengan trend yang dilakukan oleh banyak orang.

Salah satu trend media sosial terkait dunia kesehatan jasmani dan rohani adalah Silent Walking. Lalu, apa itu Silent Walking? Istilah ini merujuk untuk aktivitas berjalan kaki yang sederhana.

Silent Walking merujuk pada aktivitas berjalan kaki tanpa menggunakan teknologi atau gangguan eksternal seperti musik, podcast, atau panggilan telepon.


Baca Juga: Penting untuk Diet, Ini Daftar Kalori Makanan Sehari-Hari & Olahraga Membakar Kalori

Dalam praktik ini, seseorang hanya fokus pada langkah mereka, suara lingkungan sekitar, serta pikiran dan perasaan yang muncul selama berjalan.

Silent Walking berarti berjalan dengan kesadaran penuh, tanpa distraksi. Ini lebih dari sekadar aktivitas fisik; ini juga merupakan cara untuk menghubungkan tubuh dan pikiran.

Dengan tidak menggunakan teknologi, kita lebih bisa menikmati momen saat itu, memperhatikan detail kecil di sekitar, seperti suara alam, angin, atau langkah kaki sendiri.

Trend Silent Walking

Tren ini muncul ketika seorang influencer TikTok dan pembawa acara podcast, Mady Maio, memposting tentang silent walking. Postingan tersebut viral dan ditautkan oleh beberapa ahli kesehatan dan influencer lain.

Mady Maio mengatakan bahwa aktivitas memutuskan hubungan dari ponselnya saat berjalan kaki telah mengubah hidupnya.

Sayangnya, trend istilah "silent walking" merupakan salah satu tren baru yang kemudian sebagian orang masih belum sepenuhnya yakin manfaatnya.

Baca Juga: Ini 8 Jenis Perlombaan Lari dari Fun Run hingga Maraton

Manfaat Silent Walking

Anda perlu memahami bahwa manfaat Silent Walking yang baik untuk jasmani dan rohani sekaligus.

  • Relaksasi Pikiran: Dengan tidak mendengarkan media, pikiran dapat mengalir bebas dan ini membantu meredakan stres serta kecemasan.
  • Meningkatkan Kesehatan Mental: Silent Walking bisa menjadi semacam meditasi bergerak yang membantu kita lebih terhubung dengan diri sendiri dan lingkungan.
  • Latihan Kesadaran (Mindfulness): Tanpa distraksi teknologi, kita bisa lebih fokus pada setiap langkah, napas, dan pikiran, melatih perhatian penuh atau mindfulness.
  • Meningkatkan Kreativitas: Dengan memberi ruang untuk berpikir, banyak orang menemukan ide-ide baru atau solusi untuk masalah ketika berjalan dalam keheningan.
  • Meningkatkan Kesehatan Fisik: Berjalan secara konsisten adalah bentuk olahraga ringan yang dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan kebugaran tubuh.

Tata Cara Silent Walking

1. Memulai

Sebelum memulai Silent Walking, pastikan ponsel atau perangkat lainnya disimpan dan dinonaktifkan. Fokuskan niat untuk berhubungan dengan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

2. Perhatian pada Langkah

Saat mulai berjalan, perhatikan setiap langkah yang diambil, rasakan bagaimana kaki menyentuh tanah, dan bagaimana tubuh bergerak.

3. Perhatikan Lingkungan

Anda dapat berkesempatan untuk mendengarkan suara alam, kendaraan, atau apa pun di sekitar. Amati apa yang terlihat di sekelilingmu, baik itu pepohonan, gedung, atau hewan yang melintas.

4. Dalami Pikiran

Tanpa penggunaan gadget, Anda bisa mencoba untuk mengalirkan pikiran tanpa hambatan. Jika pikiran mulai berkeliaran, kembalikan fokus pada langkah atau pernapasan.

5. Jaga Ritme

Pastikan untuk tetap pada ritme berjalan yang nyaman dan alami, tanpa terburu-buru. Silent walking lebih tentang pengalaman berjalan daripada mencapai tujuan tertentu. Anda bisa beristirahat saat tempo Anda sudah menurun dan merasa kelelahan.

Penelitian Terkait Jalan Kaki dengan Gadget

Apakah ini berarti berjalan sambil mendengarkan musik favorit itu buruk? Tidak juga. Melansir dari Eating Well, penelitian tahun 2019 oleh Sports yang dilakukan oleh peneliti dari Universitas Samford menunjukkan peserta yang mendengarkan musik kesukaan saat berolahraga merasa lebih sedikit lelah karena mereka bisa "melepaskan diri" secara positif.

Meskipun silent walking adalah cara yang bagus untuk memutus hubungan dari teknologi dan lebih terhubung dengan diri sendiri. Hal ini tentu bukan berarti tidak boleh menggunakan teknologi atau musik untuk meningkatkan suasana hati atau bahkan menambah intensitas jalanmu.

Artinya, saat Anda ingin melakukan silent walking secara teratur, seseorang bisa mendapatkan manfaat yang lebih mendalam, baik secara fisik maupun mental.

Selanjutnya: Link Live Streaming Dewa United vs Madura United di BRI Liga 1 Pukul 15.30 WIB

Menarik Dibaca: 9 Macam Sayuran Murah Penurun Kadar Kolesterol Jahat yang Ampuh untuk Lansia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News