Kenapa Facebook Marketplace Hilang? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Simak panduan untuk mengatasi Facebook Marketplace Hilang. Nah, pengguna Facebook bisa saja menemui masalah terkait fitur yang terhambat salah satunya terkait fitur jual beli di Marketplace.

Facebook Marketplace adalah fitur populer yang memungkinkan pengguna untuk membeli dan menjual barang secara lokal melalui platform Facebook. Namun, tidak jarang pengguna mengalami masalah di mana ikon Marketplace tiba-tiba hilang dari aplikasi mereka.

Kehilangan akses ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari bug aplikasi hingga kebijakan regional yang membatasi penggunaan fitur tersebut.


Selain itu, usia pengguna, status akun yang masih baru, serta pelanggaran terhadap ketentuan layanan Facebook juga bisa menjadi alasan di balik hilangnya ikon Marketplace. 

Baca Juga: Catat Kode iPhone Resmi Indonesia dan Negara Lain yang Beredar di Pasar HP Bekas

Penyebab Facebook Marketplace Hilang

Berikut adalah daftar kemungkinan alasan mengapa Facebook Anda tidak memiliki opsi Marketplace:

  1. Ada bug aplikasi: Adanya bug perangkat lunak yang belum terselesaikan bisa menjadi penyebabnya.
  2. Anda bukan orang dewasa: Facebook Marketplace hanya tersedia untuk pengguna yang dianggap dewasa di negara masing-masing.
  3. Wilayah yang tidak didukung: Menu marketplace tersedia di sebagian besar wilayah, tetapi tidak di semua tempat.
  4. Profil yang salah dipilih: Akses ke Facebook Marketplace hanya tersedia di profil utama Anda, yaitu yang Anda buat saat pertama kali menggunakan Facebook.
  5. Akun Anda terlalu baru: Facebook Marketplace diketahui tidak muncul sama sekali untuk pengguna Facebook baru. Ini mungkin dilakukan untuk mencegah penipu membuat akun baru dan menjual produk palsu setelah akun sebelumnya diblokir dari platform.
  6. Akses Anda dicabut: Ini bisa terjadi jika Anda menggunakan Marketplace dengan cara yang melanggar Ketentuan Layanan dan kebijakan Facebook lainnya.

Cara Membuka Kembali Marketplace di Facebook tahap awal

Ikuti tips berikut untuk melihat apakah Anda bisa mengembalikan ikon Marketplace di akun Facebook Anda:

  1. Kunjungi Facebook Marketplace langsung: Menggunakan Marketplace di peramban web mengonfirmasi bahwa Anda memiliki akses ke layanan ini meskipun aplikasi tidak berfungsi untuk Anda.
  2. Keluar dari Facebook dan masuk kembali: Ikon Marketplace mungkin hilang karena kesalahan sementara.
  3. Instal ulang aplikasi Facebook: Jika Anda mencoba menggunakan Marketplace dari ponsel atau tablet, menghapus aplikasi di Android atau iOS akan memungkinkan Anda menginstal versi baru, semoga tanpa bug yang menyebabkan Anda kehilangan akses ke Marketplace.
  4. Buka Marketplace dari menu: Ikon Facebook Marketplace di bagian atas aplikasi adalah cara kebanyakan orang mengaksesnya, tetapi juga tersedia melalui menu. Jika Anda tidak melihat ikon Marketplace, ketuk gambar profil Anda lalu pilih Marketplace.
Baca Juga: Ini 6 Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuat Akun Facebook

Mengatasi FB Marketplace Hilang tahap kedua

Masih tidak bisa menemukan ikon? Mungkin saja ikon tersebut hanya tersembunyi. Anda bisa membuka opsi lain dengan melihat lebih banyak melalui menu.

  • Pilih tautan ke listing Marketplace: Anda bisa meminta siapa pun membagikan tautannya dengan Anda. Ketuk dari ponsel Anda untuk meluncurkan Facebook dan, semoga, memulihkan akses ke Marketplace. Anda mungkin perlu berinteraksi dengan listing juga, seperti mengirim pesan kepada penjual.
  • Beralih ke profil utama: Profil lain tidak mendukung Marketplace. Ketuk menu dan kemudian pilih gambar profil untuk melihat opsi Anda.
  • Beri izin lokasi pada aplikasi Facebook: Saat Anda baru saja bepergian, aplikasi mungkin mengira Anda berada di negara yang tidak didukung. Temukan Facebook di aplikasi Pengaturan perangkat Anda dan berikan izin lokasi.
  • Isi formulir Banding Item Marketplace: Ini adalah satu-satunya cara untuk memulihkan akses ke Facebook Marketplace jika item yang Anda coba jual tidak disetujui karena tidak memenuhi kebijakan Facebook.
  • Gunakan akun Facebook Anda: Jika ini adalah akun baru, tambahkan beberapa teman dan berinteraksi dengan mereka untuk menunjukkan kepada Facebook bahwa akun Anda aktif dan nyata.
  • Ubah negara asal Anda: Ini mungkin berlebihan, tetapi bisa saja berhasil. Untuk melakukan ini, pilih Tentang > Tempat tinggal dari halaman profil Anda, lalu ubah lokasi Anda ke wilayah yang terletak di negara tempat Facebook Marketplace tersedia.
Itulah penjelasan mengatasi Facebook Marketplace Hilang dari akun pengguna yang bisa diterapkan secara bertahap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News