Kenapa Rasanya Ingin Tidur Terus Sepanjang Hari? Ini Penyebabnya!



MOMSMONEY.ID - Cari tahu penyebabnya, yuk, mengapa rasanya ingin tidur terus sepanjang hari, ya?

Apakah Anda sering merasa mengantuk sepanjang hari, bahkan setelah tidur cukup di malam hari? Rasa ingin tidur terus-menerus ini bisa mengganggu aktivitas harian dan menurunkan produktivitas.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan rasa kantuk berlebih, dan penting untuk memahami penyebabnya agar bisa menemukan solusi yang tepat.


Melansir dari Healthline, berikut ini adalah beberapa penyebab kenapa rasanya ingin tidur terus sepanjang hari:

1. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan serius di mana pernapasan terhenti dan mulai berulang kali sepanjang malam, yang membuat Anda merasa lelah di siang hari.

Baca Juga: Kolesterol Tinggi? Yuk, Coba Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol Ini

Gejala lain termasuk mendengkur keras, terengah-engah saat tidur, sakit tenggorokan atau sakit kepala saat bangun, serta sulit berkonsentrasi dan mudah marah.

2. Sindrom Kaki Gelisah

Sindrom kaki gelisah menyebabkan dorongan tak terkendali untuk menggerakkan kaki saat Anda berbaring, yang membuat sulit untuk tidur nyenyak.

Anda mungkin merasakan sensasi berdenyut atau gatal yang hanya hilang setelah bergerak. Kondisi ini dapat menyebabkan kantuk di siang hari karena kualitas tidur yang terganggu.

Baca Juga: 7 Minuman untuk Menurunkan Kolesterol Ini Sudah Terbukti Ampuh lho, Coba yuk!

3. Narkolepsi

Narkolepsi adalah gangguan neurologis yang mempengaruhi siklus tidur-bangun. Orang dengan narkolepsi sering terbangun beberapa kali di malam hari dan mengalami serangan kantuk berlebih di siang hari.

Mereka bisa tiba-tiba tertidur saat beraktivitas, seperti saat berbicara atau makan. Narkolepsi jarang terjadi dan sering salah didiagnosis sebagai masalah psikologis.

4. Depresi

Perubahan pola tidur merupakan gejala umum depresi. Anda mungkin tidur lebih banyak atau justru lebih sedikit dari biasanya. Gejala lain termasuk perasaan rendah motivasi, perubahan nafsu makan, dan kehilangan minat pada hal-hal yang dulu disukai.

Jika Anda tidak tidur dengan baik, kemungkinan besar Anda akan merasa mengantuk di siang hari. Kadang-kadang, perubahan pola tidur adalah tanda awal depresi.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Jus Buat Diet Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan

5. Efek Samping Obat

Beberapa obat, seperti obat tekanan darah tinggi, antidepresan, antihistamin, dan obat untuk mengatasi kecemasan, dapat menyebabkan kantuk sebagai efek samping.

Jika Anda merasa obat yang Anda konsumsi menyebabkan kantuk berlebihan, berkonsultasilah dengan dokter Anda untuk menyesuaikan dosis atau mencari alternatif lain.

6. Penuaan

Seiring bertambahnya usia, kualitas tidur cenderung menurun. Orang yang lebih tua sering bangun di malam hari dan menghabiskan lebih sedikit waktu di tahap tidur yang dalam, yang dapat menyebabkan kantuk di siang hari.

Kondisi fisik atau mental yang kronis juga dapat mengganggu tidur dan membuat Anda merasa lelah sepanjang hari.

Baca Juga: 15 Cara Alami Menurunkan Gula Darah yang Efektif dan Patut Anda Coba

7. Hipersomnia Idiopatik

Jika penyebab rasa kantuk berlebihan tidak bisa diidentifikasi, Anda mungkin didiagnosis dengan hipersomnia idiopatik.

Ini adalah gangguan tidur kronis di mana seseorang merasa mengantuk terus-menerus, meskipun tidur cukup atau bahkan terlalu lama. Penderita juga sering merasa kesulitan untuk benar-benar bangun dari tidur.

Nah, itulah beberapa penyebab kenapa rasanya ingin tidur terus sepanjang hari. Semoga informasi ini bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Prediksi Crystal Palace vs Man United, Jadwal Liga Inggris Sabtu (21/9)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas