Kepercayaan konsumen Jepang tersandung di Februari



TOKYO. Indek kepercayaan konsumen di Jepang turun pada bulan Februari lalu. Penurunan kepercayaan konsumen ini merupakan yang pertama dalam 3 bulan terakhir.

Penurunan kepercayaan konsumen Jepang, terjadi karena ada kekhawatiran penurunan pendapatan dan berkurangnya lowongan pekerjaan di Jepang.

Kantor Kabinet Jepang, Senin (12/3) mengumumkan, data hasil survei bulanan yang dilakukan Februari lalu menunjukkan, indeks kepercayaan konsumen di Jepang hanya 39,5 atau turun 0,5 poin ketimbang bulan Januari. Survei ini dilakukan terhadap 6.700 rumah tangga di Jepang.


Dalam hasil survei itu, ditemukan adanya kekhawatiran penurunan upah untuk serikat pekerja oleh manajemen perusahaan. Sebab, pemerintah Jepang memutuskan untuk menurunkan gaji pekerja tahun 2012 ini.

Namun begitu, Kantor Kabinet Jepang menyatakan, selera konsumen berangsur pulih, tetapi masih di bawah rata-rata sebelum tsunami Maret tahun lalu. Selain faktor dalam negeri, penurunan sentimen konsumen Jepang bisa terpengaruh lonjakan harga minyak global.

Editor: Asnil Amri