Kepulauan Terpencil di Jepang Dilanda Tsunami Usai Gempa 5,9 Skala Richter



KONTAN.CO.ID - TOKYO. Kepulauan Izu, yang terpencil di Jepang dan berada di sebelah selatan Tokyo dilanda tsunami kecil pada hari Selasa (24/9). Tsunami terjadi setelah gempa berkekuatan 5,9 skala Richter terjadi di dekat pulau tak berpenghuni di selatan Samudra Pasifik tersebut.

Menurut Badan Meteorologi Jepang, tsunami setinggi 50 cm (1,6 kaki) mencapai pulau Hachijo, salah satu pulau di Kepulauan Izu, sekitar 40 menit setelah gempa.

Tidak ada kerusakan akibat tsunami atau gempa bumi yang telah dikonfirmasi, penyiar publik NHK melaporkan.


Baca Juga: Kapal Induk China Memasuki Perairan Jepang untuk Pertama Kalinya

Badan meteorologi sebelumnya mengatakan penduduk pulau Izu dan Ogasawara harus bersiap menghadapi tsunami setinggi 1 meter (3,3 kaki) yang menghantam pantai.

Tidak ada gempa besar yang diamati sejak gempa terjadi di bawah laut dekat pulau Torishima yang tidak berpenghuni sekitar 600 km (370 mil) selatan Tokyo, imbuh badan tersebut.

Kepulauan Izu, bersama dengan pulau-pulau Ogasawara yang lebih terpencil di kawasan selatan, memiliki sekitar selusin pulau berpenghuni dan populasi gabungan sekitar 24.000 jiwa pada tahun lalu, menurut Pemerintah Metropolitan Tokyo, yang mencakup wilayah tersebut.

Selanjutnya: Darah Tinggi Bisa Muncul Akibat Kebiasaan Minum dari Botol Plastik, Ini Penjelasannya

Menarik Dibaca: Warisan Genetik Ayah dan Ibu pada Anak Ternyata Berbeda, lo

Editor: Anna Suci Perwitasari