JAKARTA. Pesona perbankan sebagai jalur distribusi penjualan polis atau bacassurance terus memikat perusahaan asuransi. Salah satu buktinya, AIA Financial Indonesia menggandeng Bank QNB Kesawan memasarkan asuransi berbalut investasi atau dikenal unitlink. Ade Bungsu, Chief Marketing Officer AIA Indonesia mengatakan, produk yang akan dipasarkan di Bank QNB Kesawan saat ini masih dalam proses perizinan di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Perusahaan berharap, izin keluar dalam waktu dekat. Kerjasama dengan bank menyumbang premi terbesar terhadap perusahaan yang berdiri pertama kali di Shanghai ini. "Ada mitra baru tentu akan meningkatkan kontribusi bancassurance," ujar Ade, Senin (10/6). QNB Kesawan, bank patungan dengan Qatar ini membuka potensi pasar besar bagi AIA, dengan jumlah nasabah yang mencapai 35.000.
Sebelumnya, AIA sudah lebih dulu menggandeng bank lain. Di antaranya Bank Central Asia (BCA), ANZ, CIMB Niaga, Bank Jawa Barat dan Banten (BJB), Bank Saudara, serta Bank BNI. Nah dari kerjasama itu, kontribusi premi bancassurance lebih dari 50% total premi AIA. Sisanya dari agen, direct marketing dan corporate solution. Total premi AIA per akhir 2012 mencapai Rp 5,8 triliun, meningkat 27% dibandingkan setahun sebelumnya. Premi bisnis baru menyumbang Rp 2,29 triliun, tumbuh 33%. Windiarto Tabingin, Retail Banking Director QNB Kesawan menambahkan, kerjasama dengan AIA akan membantu meningkatkan pendapatan non-bunga atau fee based income.