Kereta Otonom ART Sudah Tiba di IKN, Diuji Coba Bulan Depan



KONTAN.CO.ID - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, rangkaian kereta otonom Autonomous Rail Transit (ART) telah tiba di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Untuk itu, Menhub akan mengecek rangkaian kereta tanpa rel yang diimpor dari China ini pada Minggu (28/7/2024) besok guna memastikan kesiapan kereta untuk diuji coba pada Agustus mendatang. 

"Kita mempunyai suatu ide teknologi baru, kereta tanpa rel dan insya Allah hari-hari ini ART-nya sudah datang ke IKN. Nanti hari minggu saya ke sana, sudah melihat (unit ART) ada di sana," ujarnya saat ditemui di Hotel Artotel, Jakarta, Jumat (26/7/2024) malam. 


Adapun rangkaian kereta otonom yang akan diuji coba di IKN berjumlah satu rangkaian yang terdiri dari tiga kereta. Selama masa uji coba itu, kereta otonom belum akan dioperasikan secara komersial atau berbayar. 

Sebelumnya diberitakan, kereta otonom dijadwalkan masuk ke IKN pada 27 Juli 2024 setelah proses kepabeanan selesai. 

Rangkaian kereta ini telah dikirim dari China sejak 4 Juli 2024 pukul 20.00 waktu setempat dan tiba di Pelabuhan Semayang Balikpapan, Kalimantan Timur pada 24 Juli 2024. 

Baca Juga: Ini Rencana Cadangan Kemenhub Jika Pembangunan Bandara VVIP IKN Molor dari Target

Menhub menyebut, setelah sampai di IKN, komponen kereta otonom rencananya akan dirakit dan mulai diuji coba secara internal. 

Kemudian, akan dilakukan pula persiapan dan pelaksanaan pengujian bersama, dilanjutkan dengan pelaksanaan Proof of Concept (PoC) pada Agustus 2024. 

PoC merupakan demonstrasi kelayakan dari ide, produk, layanan, maupun rencana bisnis ART agar dapat berjalan optimal. Uji coba operasi merupakan salah satu bentuk PoC. 

"Trem Otonom dipastikan sudah bisa beroperasi pada Agustus 2024," kata Menhub dalam keterangan tertulis, Jumat (12/7/2024). 

Baca Juga: Menteri Basuki Targetkan Pengaliran Air Minum di IKN Rampung Akhir Juli 2024

Dia menambahkan, rencana showcase alias unjuk kerja akan dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2024. 

Studi Kelayakan Masih Berproses 

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengungkapkan, saat ini studi kelayakan (feasibility study/FS) kereta otonom masih dalam proses. 

Risal bilang, FS kereta otonom yang sedang dikerjakan hanya terkait dengan POC yang akan dilaksanakan bulan depan. 

"Khusus untuk FS yang akhirnya kan hanya terkait dengan PoC sebenarnya. Itu dalam waktu dekat akan dilakukan PoC oleh IKN untuk uji coba. PoC setelah keretanya datang," tutur Risal saat ditemui pada kesempatan yang sama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Diuji Coba Bulan Depan, Kereta Otonom ART Telah Tiba di IKN"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie