Kerjasama Tertinggi, Filipina Teken Pakta Pertahanan dengan Jepang



KONTAN.CO.ID - MANILA - Filipina memuji hubungan pertahanan tingkat tinggi dengan Jepang dengan menandatangani pakta militer penting pada Senin. 

Kerjasama ini "belum pernah terjadi sebelumnya". Dengan pakta ini memungkinkan pengerahan pasukan di wilayah masing-masing dalam menghadapi sikap China yang semakin ekspansif di wilayah tersebut.

Perjanjian The Reciprocal Access Agreement (RAA) atau Perjanjian Akses Timbal Balik Filipina Jepang ini merupakan kali pertama ditandatangani oleh Jepang di Asia


Pakta ini akan memudahkan masuknya peralatan dan pasukan untuk pelatihan tempur dan tanggap bencana, serta memperlancar kerja sama militer antara Manila dan Tokyo.

Baca Juga: Shopee Teken Pakta Integritas Terkait Perkara Jasa Kurir

“RAA membawa kemitraan pertahanan kita ke tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Menteri Luar Negeri Filipina Enrique Manalo pada saat pengarahan bersama setelah pertemuan “2-plus-2” yang dihadiri menteri luar negeri dan pertahanan kedua negara.

Kesepakatan itu bertepatan dengan lonjakan pertikaian maritim antara Manila dan Beijing 

Konflik terus berulang saat misi Manila untuk memasok pasukan yang ditempatkan di sebuah kapal yang terdampar di Second Thomas Shoal, wilayah yang menjadi perebutan China dan Filipina. Pertikaian ini menyebabkan cederanya seorang pelaut Filipina bulan lalu.

Dalam pernyataan bersama usai pertemuan menyebutkan, “Para menteri menyatakan keprihatinan serius atas tindakan berbahaya dan eskalasi yang dilakukan China di Second Thomas Shoal.” 

Baca Juga: Putin dan Kim Jong Un Teken Pakta Pertahanan Bersama

Tindakan China dianggap menghalangi kebebasan navigasi dan mengganggu jalur pasokan, sehingga menyebabkan peningkatan ketegangan, tambah mereka.

Pakta pertahanan Filpina Jepang tersebut akan berlaku setelah diratifikasi oleh parlemen kedua negara.

Seperti kita tahu, China mengklaim sebagian besar wilayah Laut Cina Selatan, yang merupakan jalur perdagangan utama Asia Timur Laut dengan negara-negara lain di dunia yang juga diklaim oleh Brunei, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam.

Jepang, yang tahun lalu mengumumkan pembangunan militer terbesarnya sejak Perang Dunia Kedua sebagai langkah menjauh dari pasifisme pascaperang, tidak memiliki klaim apa pun atas jalur perairan yang sibuk tersebut.

Namun negara ini mempunyai sengketa maritim terpisah dengan China di Laut Cina Timur, tempat kedua negara tetangga tersebut berulang kali berhadapan.

Baca Juga: Korea Utara dan Rusia Teken Pakta dalam Bidang Bantuan Militer

Baik Filipina maupun Jepang, adalah dua sekutu terdekat Amerika Serikat di Asia, telah mengambil sikap tegas terhadap apa yang mereka lihat sebagai sikap China yang semakin keras di Laut Cina Selatan, dan menyuarakan keprihatinan atas ketegangan di Selat Taiwan.

Pada konferensi pers yang sama, Menteri Luar Negeri Jepang, Yoko Kamikawa, menegaskan kembali pentingnya perdamaian dan stabilitas di kawasan Indo-Pasifik, memperingatkan bahwa Tokyo menentang “upaya sepihak untuk mengubah status quo dengan kekerasan dan paksaan”.

Luka Lama

Di Beijing, juru bicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan kawasan Asia-Pasifik tidak memerlukan blok militer atau provokasi antar kubu atau lingkaran kecil yang berbeda yang mendorong terjadinya Perang Dingin baru.

“Selama Perang Dunia Kedua, Jepang bertanggung jawab atas invasi dan pemerintahan kolonial di negara-negara Asia Tenggara, termasuk Filipina,” kata Lin Jian menjawab pertanyaan wartawan pada konferensi rutin.

“Jepang harus secara serius merenungkan sejarah agresinya dan berhati-hati dalam perkataan dan perbuatan di bidang keamanan militer.”

Filipina memiliki Perjanjian Pasukan Kunjungan dengan Amerika Serikat dan Australia. Tokyo, yang menampung konsentrasi pasukan AS terbesar di luar negeri, memiliki perjanjian RAA serupa dengan Australia dan Inggris, dan sedang merundingkan perjanjian lain dengan Prancis.

Editor: Syamsul Azhar