Ketahui 10 Khasiat Daun Binahong untuk Kesehatan, Bisa Atasi Diabetes lho



MOMSMONEY.ID - Daun binahong mengandung berbagai senyawa aktif yang memiliki sifat antioksidan, antiperadangan, antibakteri, dan analgesik. Kandungan tersebut menjadikan daun binahong bermanfaat untuk menjaga kesehatan secara umum. MomsMoney akan mengulas khasiat daun binahong untuk kesehatan pada kesempatan kali ini.

Merangkum dari laman Alodokter dan Halodoc, di bawah ini adalah beberapa khasiat daun binahong untuk kesehatan yang sayang jika Anda lewatkan:

1. Mengobati Asam Urat


Air rebusan daun binahong bisa menurunkan kadar purin dalam tubuh, yang merupakan penyebab asam urat. Flavonoid dalam daun ini juga membantu mencegah pembentukan asam urat, menjadikannya obat alami yang efektif.

2. Mengatasi Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa daun binahong efektif menurunkan kadar gula darah dan melindungi sel beta pankreas dari kerusakan akibat diabetes melalui aktivitas flavonoid yang menghambat penyerapan gula di usus.

3. Mencegah Serangan Jantung

Flavonoid dalam daun binahong juga berperan dalam menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan gumpalan darah, yang merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

4. Meningkatkan Fungsi Ginjal

Ekstrak daun binahong terbukti meningkatkan fungsi ginjal dengan menurunkan level serum kreatinin dan urea. Penelitian ini masih sebatas pada hewan percobaan dan memerlukan validasi lebih lanjut pada manusia.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

Antioksidan dalam daun binahong membantu melindungi jantung dan arteri dari kerusakan akibat radikal bebas. Serat dalam daun ini juga dapat menurunkan kolesterol jahat, sedangkan kaliumnya mendukung keseimbangan cairan dalam darah, menjaga kesehatan jantung.

6. Meningkatkan Tekanan Darah

Untuk mereka yang mengalami tekanan darah rendah, daun binahong bisa menjadi solusi. Rebus delapan lembar daun dalam dua gelas air dan minum setiap hari untuk membantu meningkatkan tekanan darah.

7. Melawan Radikal Bebas

Antioksidan dalam daun binahong melindungi tubuh dari efek merusak radikal bebas, yang dapat mengubah sel-sel sehat menjadi sel-sel yang berpotensi berbahaya. Konsumsi rutin dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan ini.

8. Menurunkan Risiko Katarak

Senyawa aktif seperti flavonoid, tanin, dan polifenol dalam binahong memiliki sifat antioksidan yang tinggi. Senyawa tersebut mampu melindungi mata dari kerusakan oksidatif dan membantu menurunkan risiko terjadinya katarak.

9. Penyembuhan Luka dan Perawatan Kulit

Daun binahong, yang kaya akan minyak atsiri dan asam askorbat, efektif dalam mempercepat penyembuhan luka. Selain itu, antioksidannya juga berperan dalam perawatan kulit dan mencegah penuaan dini.

Daun binahong telah lama digunakan dalam pengobatan herbal untuk mengatasi jerawat berkat kandungan saponinnya yang memiliki sifat antibakteri, yang efektif melawan bakteri penyebab jerawat.

10. Mengatasi Diare

Sifat antibakteri dalam daun binahong efektif melawan bakteri Escherichia coli, yang sering menjadi penyebab diare. Manfaat ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi ekstrak daun binahong.

Nah, itulah beberapa khasiat daun binahong untuk kesehatan yang luar biasa. Untuk mendapatkan khasiat daun binahong, Anda dapat mengolahnya dengan cara berikut:

  • Cuci bersih daun binahong dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran.
  • Masukkan 5–6 lembar daun ke dalam air yang sudah mendidih.
  • Rebus daun tersebut selama 10 menit.
  • Setelah air rebusan matang, saring dan biarkan hingga dingin.
  • Minumlah teh tersebut setelah cukup dingin.
Selain diolah menjadi teh, daun binahong juga bisa digunakan sebagai masker alami untuk mengatasi jerawat. Caranya adalah dengan menumbuk beberapa lembar daun binahong sampai halus, lalu tambahkan sedikit air untuk membentuk pasta.

Aplikasikan masker ini pada area wajah yang berjerawat dan biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. Metode ini juga efektif untuk mempercepat penyembuhan luka.

Meskipun daun binahong adalah bahan alami, tidak semua orang mungkin cocok menggunakannya. Beberapa individu bisa mengalami reaksi alergi.

Jika Anda mengalami reaksi alergi, seperti gatal-gatal atau kemerahan setelah menggunakan daun binahong, hentikan penggunaannya dan bilas area yang terkena dengan air bersih.

Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai penggunaan daun binahong, baik sebagai teh, masker, atau suplemen, terutama jika Anda sedang mengalami kondisi kesehatan tertentu atau sedang dalam pengobatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas