Ketahui 5 Manfaat Susu Kambing beserta Risiko Mengonsumsinya



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketahui berbagai manfaat Susu Kambing bagi tubuh. Susu kambing merupakan jenis susu yang berasal dari hewan Capra aegagrus hircus atau kambing.

Sama seperti susu sapi, susu kambing merupakan sumber nutrisi penting seperti protein, vitamin, mineral, dan lemak. Namun, susu kambing memiliki beberapa perbedaan dengan susu sapi.

Tentunya, sebelum rutin konsumsi susu kambing, Anda perlu berkonsultasi ke Dokter mengenai kesehatan dan dampaknya.


Nah, ada beberapa perbedaan kandungan Susu Kambing dan Susu Sapi berikut ini.

Baca Juga: 3 Alasan Minum Kopi Bisa Memicu Munculnya Jerawat Baru

Perbedaan Susu Kambing dan Susu Sapi

Pertama, kandungan lemak dalam susu kambing lebih kecil dari susu sapi, sehingga susu kambing lebih mudah dicerna oleh tubuh.

Kedua, susu kambing memiliki kandungan laktosa yang lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi, sehingga orang yang intoleran terhadap laktosa dapat mencoba meminum susu kambing sebagai alternatif.

Tekstur dari susu kambing juga dikenal memiliki rasa yang lebih kaya dan creamy dibandingkan dengan susu sapi.

Beberapa orang memilih minum susu kambing karena dianggap lebih alami dan memiliki manfaat kesehatan seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko alergi, dan membantu mengatasi masalah pencernaan.

Namun, seperti halnya dengan jenis makanan lainnya, minum susu kambing sebaiknya dalam jumlah yang seimbang dan tidak berlebihan.

Simak beberapa manfaat Susu Kambing yang perlu diketahui yang dilansir dari Web MD.

Baca Juga: 9 Makanan Tinggi Kalsium yang Tidak Mengandung Susu

Manfaat Susu Kambing

1. Mengandung Prebiotik

Penelitian dari St Helen’s Farm mengatakan bahwa susu kambing memiliki jumlah oligosakarida yang lebih banyak daripada susu sapi.

Oligosakarida merupakan jenis karbohidrat yang tidak bisa dicerna dan dapat berperan sebagai prebiotik. Dengan mengonsumsinya, kondisi sistem pencernaan bisa tetap sehat.

2. Mengandung Banyak Kalsium

Melansir dari laman Web MD, segelas atau 200 ml susu kambing dapat memenuhi lebih dari 100% kebutuhan kalsium orang dewasa per hari. Nutrisi itu mudah diserap tubuh sehingga berpengaruh baik pada kondisi tubuh secara keseluruhan.

Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapat jika memenuhi kebutuhan kalsium per hari. Mulai dari pertumbuhan dan perkembangan tulang dan gigi terjaga, mengoptimalkan fungsi otot, dan membantu tubuh memproduksi energi.

3. Memiliki Nutrisi Penting yang Lain

Manfaat susu kambing tak hanya sebatas hal-hal yang telah disebutkan. Masih banyak manfaat lain karena segudang nutrisi yang dimiliki.

Susu kambing juga mengandung zat besi, magnesium, kalium, dan vitamin C dalam jumlah yang lebih rendah.

Meskipun susu kambing memiliki nutrisi yang baik, namun kandungan nutrisi dalam susu kambing dapat bervariasi tergantung pada jenis kambing, pakan, dan faktor lainnya.

4. Kolesterol yang Sedikit

Jika Anda mencari jenis bahan alami yang mengandung sedikit kolesterol, maka susu kambing adalah salah satu jawabannya. Dalam 200 ml susu kambing, umumnya terdapat 17% kalium.

Susu kambing membantu menurunkan kadar kolesterol pada orang dengan kolesterol darah tinggi. Studi telah menunjukkan bahwa susu kambing dapat membantu mengurangi kolesterol dalam arteri dan kantong empedu.

Ini dapat membantu orang dengan kadar kolesterol tinggi mengontrol kolesterol mereka dengan lebih mudah.

Selain menurunkan kolesterol, nutrisi itu juga mampu mengontrol tekanan darah sehingga risiko penyakit jantung dapat dihindari.

5. Tinggi Protein yang Dapat Dicerna

Dibandingkan dengan susu sapi standar, susu kedelai, atau susu kacang, susu kambing memiliki lebih banyak protein per sajian.

Protein dalam susu kambing lebih mudah dicerna, artinya tubuh Anda dapat menggunakannya dengan lebih mudah.

Susu kambing juga mengandung lebih banyak protein daripada susu almond atau susu beras.

Baca Juga: Kenali 5 Makanan Sumber Kolagen Alami, Banyak Manfaat untuk Kulit

Potensi Risiko Konsumsi Susu Kambing

Susu kambing bukanlah minuman yang sempurna tentunya. Ini memiliki beberapa kualitas yang bisa menjadikannya pilihan yang lebih buruk daripada susu sapi atau susu nabati bagi sebagian orang.

Setelah memahami manfaat susu kambing, perlu diketahui kekurangan dari konsumsi susu kambing berikut.

- Tidak Bebas Laktosa

Jika Anda tidak toleran terhadap laktosa, susu kambing bukan untuk Anda. Susu kambing masih mengandung laktosa, sama seperti susu sapi.

Beberapa orang menganggap susu kambing sedikit lebih mudah dicerna daripada susu sapi. Jika Anda memiliki intoleransi laktosa, paling aman untuk tetap menggunakan susu nabati yang dijamin bebas laktosa.

- Lebih Banyak Kalori daripada Susu Sapi

Susu kambing memiliki lebih banyak kalori per porsi daripada jenis susu lainnya. Sehingga, mengkonsumsi terlalu banyak kalori dapat menyebabkan penambahan berat badan.

Jika Anda sedang berupaya mengurangi kalori, Anda bisa mengonsumsi susu kambing dalam jumlah yang lebih sedikit daripada susu sapi atau susu nabati. 

Susu kambing menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda coba untuk memenuhi nutrisi tubuh. Pastikan ketahui manfaat susu kambing yang berguna untuk kesehatan tubuh dan konsumsi secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News