Ketidakpastian Pemilu Terhapus, Arah Pasar Finansial Lebih Jelas



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) memandang bahwa pemilu satu putaran memberikan gambaran yang lebih jelas untuk pasar finansial ke depannya. 

Seperti diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang kontestasi pilpres 2024.

Senior Portfolio Manager Equity MAMI, Samuel Kesuma mengatakan, meskipun masih akan ada perselisihan penetapan hasil suara, pasar akan fokus menunggu rincian dan kejelasan program-program ekonomi yang dijanjikan oleh pasangan Prabowo - Gibran, serta susunan calon kabinet terutama terkait ekonomi dan perdagangan.


“Pasar finansial menyambut baik penetapan ini karena satu faktor ketidakpastian yang dapat memengaruhi pasar telah terhapus,” ujar Samuel dalam siaran pers, Kamis (21/3).

Baca Juga: Penurunan Suku Bunga Masih Tertahan, Begini Efeknya Terhadap Penerbitan Global Bond

Sementara hal lain yang juga diperhatikan adalah Rancangan APBN tahun depan (2025), yang secara tradisi biasanya diumumkan dalam pidato terbuka Presiden tanggal 16 Agustus. 

RAPBN tahun 2025 menjadi penting dan relevan karena menunjukkan seberapa besar keselarasan, kesinambungan, dan ruang fiskal untuk mengimplementasikan program-program yang dijanjikan oleh presiden baru.

Samuel melihat, pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) yang tetap stabil dalam beberapa hari ini tidak terlepas dari terhapusnya faktor ketidakpastian terkait pemilu seiring penetapan hasil oleh KPU. 

Di samping itu, pasar juga menyambut positif keputusan Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (RDG BI) dan pertemuan The Fed pekan ini.

BI mempertahankan tingkat suku bunga acuan di level 6,00%, sementara pejabat bank sentral Amerika Serikat tetap menegaskan probabilitas dengan tiga kali penurunan suku bunga The Fed di tahun 2024.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi